Rektor UI, Muhammad Anis. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia
Rektor UI, Muhammad Anis. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia

UI Paling Layak Representasikan PTN di Ibu Kota Baru

Pendidikan Pendidikan Tinggi Ibu Kota Baru
Intan Yunelia • 30 Agustus 2019 19:11
Jakarta: Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis menyambut positif wacana Perguruan Tinggi Negeri (PTN) unggulan diboyong ke ibu kota baru di Kalimantan Timur. Anis menilai UI paling layak merepresentasikan perguruan tinggi negeri di Ibu Kota Baru.
 
“UI Satu-satunya PTN yang menyandang nama negara. Menurut pandangan saya di ibu kota negara yang baru nanti seyogyanya juga ada UI,” kata Anis saat dihubungi Medcom.id, Jumat 30 Agustus 2019.
 
Khusus di Ibu Kota Baru, Anis menyarankan UI mengembangkan program studi (prodi) Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). Para sivitas akademika dan pengajarnya, menurut Anis, perlu direkrut ulang dengan seleksi yang ketat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“(Dosen dan pengajar) akan direkrut lagi tentunya,” ujar Anis.
 
Sedangkan untuk pembiayaan pembangunan PTN di Ibu Kota Baru, menurut Anis baiknya dibiayai pemerintah. Tidak bisa dibebankan kepada keuangan internal perguruan tinggi saja.
 
“Tentu PTN, pemerintah yang menyiapkannya. PTN bukan perusahaan. Masa kalah sama Pemda Jabar (Jawa Barat) yang membangunkan ITB di Cirebon,” tandas Anis.
 
Sebelumnya, rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur turut berdampak pada bidang pendidikan tinggi. Sejumlah perguruan tinggi besar rencananya juga akan ikut diboyong ke ibu kota baru tersebut.
 
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir berencana 'memindahkan' beberapa kampus besar yang ada di Jakarta ke Kalimantan. Rencana ini akan dilakukan dengan tetap menjaga mutu perguruan tinggi bersangkutan.
 
"Saya sudah berpikir bagaimana kampus itu pindah (ke ibu kota baru) nanti bagaimana itu kampus bisa punya cabang, sedang kita pikirkan agar kepindahan tetap menjaga kualitas," kata Nasir di Hotel Grand Ina, Sanur, Bali, Senin 26 Agustus 2019.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif