KPAI: Sistem Zonasi PPDB Minim Sosialisasi
Komisioner bidang Pendidikan KPAI, Retno Listyarti, Dokumentasi KPAI
Jakarta:Komisioner Bidang Pendidikan Retji Listyarti menilai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kurang sosialisasi.  Menyusul masih banyak ditemukan kendala dan masalah di sejumlah daerah.  

"Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 harusnya lebih menyesuaikan kondisi lapangan, di berbagai daerah sehingga tahun depan harus ada perbaikan dalam PPDB," kata Retno di Kantor KPAI, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu 11 Juli 2018.


Baca: Sejumlah Wilayah Zonasi Masih Minim Sekolah Negeri

Dia melanjutkan bahwa sosialisasi Kemendikbud dengan kepala dinas pendidikan di seluruh Indonesia sangat minim. Begitupun dengan dinas pendidikan dengan orangtua murid.

"KPAI mendorong sosialisasi yang masif dan waktu sosialisasi yang panjang terkait sistem PPDB, agar dinas pendidikan dan masyarakat memahami kebijakan PPDB," ucap Retno.

Imbasnya, banyak masyarakat tak paham kebijakan baru sistem PPDB tahun ini. Seperti dokumen-dokumen kependudukan apa saja yang harus dilengkapi.

"Akibatnya banyak anak kehilangan haknya mengakses sekolah terdekat karena kesalahan orangtua yang kurang peduli pada dokumen kependudukan seperti akta kelahiran dan KTP," pungkasnya



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id