Ilustrasi. Mendikbudristek Nadiem Makarim meninjau PTM terbatas di Jakarta. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Ilustrasi. Mendikbudristek Nadiem Makarim meninjau PTM terbatas di Jakarta. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Nadiem: Sekolah Ditutup Jika Positivity Rate Melewati 5%

Pendidikan Virus Korona Kebijakan pendidikan Pembelajaran Tatap Muka Sekolah Tatap Muka Kembali Dibuka
Ilham Pratama Putra • 27 September 2021 20:47
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menggandeng Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengecek kasus covid-19 di sekolah. Bakal ada pengambilan sampel secara acak di sekolah.
 
Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan hasil dari satu sekolah tersebut akan menjadi acuan penutupan atau pembukaan sekolah. Jika positivity rate di sekolah tersebut melewati 5 persen, maka sekolah tersebut harus ditutup.
 
"Untuk memastikan sekolah-sekolah memastikan mendukung fasilitas random testing sampling yang dilakukan dan kita secara spesifik akan menutup sekolah yang sudah melewati 5 persen positivity rate," ujar Nadiem dalam keterangan Pers Menko dan Menteri terkait Hasil Ratas PPKM, Senin 27 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: IDAI Dukung PTM, Syaratnya...
 
Dia mengatakan kebijakan secara klinis dan didasarkan statistik tersebut lebih valid dan tidak merugikan pihak sekolah. Kolaborasi itu akan ditindaklanjuti dengan integrasi aplikasi PeduliLindungi di sekolah-sekolah.
 
"Integrasi PeduliLindungi dan mengimplementasi program itu di sekolah kita. Jadi inisiatif besar kita untuk memastikan pengendalian ini," terang Nadiem.
 
Nadiem mengaku sebenarnya trend kasus di sekolah tak terlalu membuatnya khawatir. Adapun yang membuatnya khawatir yaitu tingkat penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang masih rendah.
 
"Kami tidak terlalu khawtir mengenai tren yang kita lihat saat sekolah yang melakukan PTM. Tapi saya lebih lagi khawatir bahwa hanya 40 persen daripada sekolah kita yang bisa melakukan PTM. Jadi ada 60 persen sekolah kita yang sebenarnya bisa melakukan PTM terbatas," tutur dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif