Universitas Jambi. Foto: Dok Antara.
Universitas Jambi. Foto: Dok Antara.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Unja Diperpanjang

Pendidikan Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi
Antara • 22 Juni 2021 13:39
Jambi: Universitas Jambi (Unja) memperpanjang pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur mandiri hingga 22 Juni 2021 pukul 16.00 WIB. Kebijakan ini sesuai kesepakatan dari pimpinan perguruan tinggi negeri wilayah barat.
 
"Perpanjangan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri merupakan permintaan dan kesepakatan dari pimpinan perguruan tinggi negeri wilayah barat," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi Kamid di Jambi, Selasa, 22 Juni 2021.
 
Kamid menjelaskan, perpanjangan pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM-PTN) wilayah barat tahun 2021 merupakan permintaan dari beberapa pimpinan perguruan tinggi. Salah satu alasannya, masih terdapat perguruan tinggi yang jumlah pendaftarnya berada di bawah target.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dimana ada 17 perguruan tinggi negeri yang melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri tersebut secara serentak. Sementara itu, di Universitas Jambi jumlah calon mahasiswa yang mendaftar sudah mencapai target yang diinginkan.
 
"Untuk jumlahnya belum kita rekap karena masih menunggu pendaftaran ditutup," ujarnya.
 
Baca: Peserta KIP Kuliah Bisa Daftar Jalur Mandiri UNAIR, Gratis!
 
Calon mahasiswa yang tidak lulus pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dapat mendaftar melalui jalur SMM-PTN tersebut. Selain itu, siswa yang telah lulus dalam kurun waktu lima tahun terakhir juga masih dapat mendaftar.
 
Hingga saat ini Universitas Jambi telah menerima siswa baru sebanyak 5.389 melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Pada jalur SNMPTN Unja menerima 1.892 mahasiswa baru dan 3.497 mahasiswa baru di SBMPTN.
 
Melalui jalur SMMPTN, kuota penerimaan mahasiswa baru Unja sebanyak 2.263 mahasiswa, atau sebesar 30 persen dari kuota penerimaan mahasiswa baru Unja tahun 2021 yang sebanyak 8.000 mahasiswa.
 
Setelah melalui jalur mandiri, Unja akan membuka penerimaan mahasiswa melalui jalur prestasi dan penghafal kitab suci. Namun, penerimaan mahasiswa melalui jalur tersebut tidak sebanyak kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN.
 
"Peminat jalur prestasi dan penghafal kitab suci ini sedikit, karena tidak banyak calon mahasiswa yang menghafal kitab suci," ujarnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif