Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Keren! 5 Rektor PTS di Indonesia Ini Lulusan Luar Negeri

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi PTS
Medcom • 12 Mei 2022 16:14
Jakarta:  Segala hal terkait perguruan tinggi negeri identik dengan hal-hal positif, termasuk rektornya sekalipun. Tak sedikit yang menganggap mereka sebagai lulusan kampus ternama, baik di dalam maupun luar negeri.
 
Memang benar, setiap pimpinan universitas biasanya memiliki riwayat pendidikan yang bonafid. Namun, bukan hanya perguruan tinggi negeri saja, rektor perguruan tinggi swasta juga banyak yang menyandang gelar akademis dari kampus luar negeri.
 
Mengutip akun Instagram @kobieducation, terdapat lima rektor perguruan tinggi swasta di Indonesia yang merupakan tamatan dari kampus luar negeri. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Rektor Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma saat ini dipimpin oleh seorang wanita bernama Margianti. Dia pernah menempuh pendidikan di tiga universitas berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Margianti mulanya meraih gelar sarjana dari kampus dalam negeri. Dia memperoleh predikat Sarjana Ekonomi dari Universitas Jayabaya, perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jakarta. 
 
Margianti kemudian melanjutkan pendidikan magisternya. Masih di dalam negeri, Margianti menempuh Program Master di Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.
 
Rektor Universitas Gunadarma itu baru menempuh pendidikan di luar negeri pada jenjang doktor. Dia merupakan lulusan S3 dari Curtin University of Technology, Australia.

2. Rektor Universitas Prasetiya Mulya

Sejak 2019, Universitas Prasetiya Mulia dipimpin oleh seorang rektor bernama Djisman Simanjuntak. Sama seperti Margianti, Djisman mulanya mengenyam pendidikan sarjana di dalam negeri.
 
Dia merupakan lulusan S1 Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Parahyangan. Barulah pada jenjang master dan doktor, Djisman melanjutkan pendidikannya di Jerman.
 
Kedua jenjang itu dia tempuh di institusi pendidikan yang sama. Djisman menyelesaikan pendidikan S2 dan S3-nya di Cologne University, Jerman, jurusan Ilmu Ekonomi.

3. Rektor Universitas Islam Indonesia (UII)

UII saat ini dipimpin oleh seorang rektor bernama Fathul Wahid. Dia memperoleh gelar sarjana dari kampus dalam negeri, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Informatika.
 
Sama seperti Djisman, Fathul melanjutkan pendidikan master dan doktornya di kampus yang sama di Norwegia. Dia berkuliah di Departement of Information Systems, University of Agder.

4. Rektor Universitas Trisakti

Sejak 2021, Universitas Trisakti dipimpin oleh seorang rektor bernama Kadarsah Suryadi. Sama seperti rektor-rektor lain, Kadarsah semula mengenyam pendidikan sarjana di dalam negeri.
 
Dia memperoleh gelar sarjana dari Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Industri. Suryadi baru melanjutkan pendidikan ke luar negeri untuk jenjang master dan doktor. 
 
Pada jenjang S2, Suryadi berkuliah di Ecole Centrale Paris, Prancis. Lebih tepatnya, memperdalam bidang studi Industrial Engineering Department.
 
Masih di Prancis, Suryadi melanjutkan pendidikan doktornya di Universite d’Aix-Marseille III. Dia mengambil jurusan Computer Aided Decision Support System in Production Management.

5. Rektor Universitas Sampoerna

Universitas Sampoerna saat ini dipimpin oleh seorang rektor bernama Wahyoe Soedarmono. Dia memperoleh gelar sarjana dari kampus dalam negeri, yakni Universitas Sebelas Maret (UNS).
 
Barulah pada jenjang magister dan doktor, Wahyoe melanjutkan pendidikannya di Prancis. Dia berkuliah S2 di University De la Rochelle, dan S3 di University de Limoges dengan konsentrasi studi Money, Finance, and Bankings.
 
Baca juga:  Intip Kampus dan Jurusan Kuliah 5 Orang Terkaya di Indonesia
 
Itulah lima rektor kampus swasta di Indonesia yang menyandang gelar akademis dari universitas luar negeri. Apakah Sobat Medcom tertarik mengikuti jejak mereka? (Nurisma Rahmatika)
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif