ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani

Masa Sanggah Data SNMPTN Diperpanjang Hingga 7 Februari 2021

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi SNMPTN/SBMPTN 2021 SNMPTN 2021
Ilham Pratama Putra • 14 Januari 2021 13:52
Jakarta:  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memperpanjang layanan masa sanggah dan perbaikan kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hingga 7 Februari 2021.  Sebelumnya layanan tersebut hanya dibuka sejak 28 Desember 2020 hingga 15 Januari 2021.
 
Perpanjangan tersebut dilakukan untuk memberi kesempatan pada sekolah yang belum tuntas menyelesaikan data sekolah dan siswanya.  "Layanan masa sanggah dan perbaikan kuota, diundur hingga 7 Februari 2021 pukul 15.00 WIB," tulis Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih dalam keterangannya, Kamis. 14 Januari 2021.
 
Dengan demikian semua sekolah masih dapat melakukan pemutakhiran data di portal LTMPT hingga waktu yang ditentukan tersebut. Perbaikan itu dapat dilakukan dengan menekan tombol 'perbarui data'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:  Pengisian PDSS untuk SNMPTN 2021 Telah Dimulai
 
Namun Nasih juga memberi catatan. Agar sekolah tidak melakukan finalisasi di Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebelum memastikan telah melakukan pemutakhiran data di portal LTMPT.
 
"Data portal LTMPT harus sama dengan data pada verifikasi dan validasi (Verval) Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)," jelas Nasih.
 
Pengisian PDSS sendiri dilakukan pada 11 Januari 2021 dan berakhir pada 8 Februari 2021. Sekolah hanya bisa mengisi data siswa yang eligible (memenuhi syarat) untuk ikut SNMPTN. Syarat bagi sekolah dalam mendaftarkan siswanya yang eligible berdasarkan ketentuan akreditasi.
 
Baca juga: Catat! Ini Tanggal Penting SNMPTN 2021
 
Yakni sekolah dengan akreditasi A dapat mendaftarkan 40 persen siswa kelas 12 terbaiknya, sekolah akreditasi B dapat mendaftarkan 25 persen siswa terbaiknya.  Kemudian sekolah akreditasi C dapat mendaftarkan 5 persen siswa terbaiknya.
 
Pengisian PDSS sendiri sudah harus melalui tahap registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Bagi sekolah maupun siswa yang belum rampung melakukan registrasi akun, masih tersedia waktu hingga 1 Februari 2021.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif