Sebaran Siswa Berprestasi Merata

Nilai Siswa di Sekolah Favorit Menurun

Rhobi Shani 09 Juli 2018 12:59 WIB
PPDB 2018
Nilai Siswa di Sekolah Favorit Menurun
SMA Negeri 1 Jepara, Medcom.id/Rhobi Shani
Jepara:Sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini membuat sebaran siswa berprestasi merata. Sejumlah calon siswa yang mengingkan mendaftar di sekolah favorit terpaksa mengurungkan niatnya, lantaran terganjal aturan sistem zonasi.

Margareta Hera Wati, warga Tahunan, Jawa Tengah mengaku kecewa anaknya tak diterima di sekolah SMA Negeri 1 Jepara. Padahal, nilai yang dimiliki anaknya cukup bagus. Hanya terganjal masalah zonasi, sehingga anaknya tidak dapat diterima.


Ya, kecewa. Karena anak juga kepinginnya di SMA 1 (Jepara). Nilai anak saya 36,5 digeser siswa yang nilainya 26 karena berada di zonasi,” ungkap Margareta, Senin, 9 Juli 2018.

Kepala SMA Negeri 1 Jepara, Udik Agus DW menyampaikan, adanya sistem zonasi membuat nilai siswa yang diterima mengalami penurunan. Sebab, calon siswa yang memiliki nilai bagus-bagus dari luar zonasi tidak dapat diterima.

“Secara umum kalau dibanding tahun lalu nilai siswa yang diterima mengalami penurun. Tapi penurunan angka pastinya berapa saya belum melihat,” terang Udik.

Baca: Kusut PPDB Tangsel Berlanjut di Hari Kedua

Udik melanjutkan, sistem zonasi yang diterapkan pada PPDB tahun ini memang bertujuan agar terjadi pemerataan seberan siswa berprestasi di semua wilayah.

Udik menyebutkan, yang masuk dalam zonasi SMA Negeri 1 Jepara, yaitu Kecamatan Jepara Kota, Pakisaji, Kedung, dan Karimunjawa.

Dalam lokasi terpisah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 1 Tahunan, Maghfuri mengungkapkan, sistem zonasi pada PPDB kali ini berimbas pada naiknya nilai calon siswa yang diterima. Nilai calon siswa yang diterima di SMA Negeri 1 Tahunan dengan SMA Negeri 1 Jepara hampir sama. 

“Nilai siswa ada peningkatan dan nilai siswa juga tidak jauh beda dari SMA 1 Jepara,” ucap Maghfuri.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id