Rektor Universitas Pertamina, Akhmaloka. Medcom.id/Muhammad Syahrul.
Rektor Universitas Pertamina, Akhmaloka. Medcom.id/Muhammad Syahrul.

Universitas Pertamina Masukkan 10 Keterampilan ke Kurikulum

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 13 Agustus 2019 19:48
Jakarta: Universitas Pertamina (UP) berkomitmen mengisi dunia industri dengan sarjana-sarjana kompeten dengan menyiapkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan revolusi industri 4.0. Salah satunya dengan memasukkan 10 macam keterampilan yang dibutuhkan di era disrupsi teknologi ini.
 
Rektor Universitas Pertamina, Akhmalokamenyebut, kesepuluh keterampilan tersebut berdasarkan laporan yang dipublikasikan oleh World Economic Forum “The Future Jobs”, individu dituntut lebih responsif terhadap perubahan.
 
Keterampilan tersebut di antaranya, pemecahan masalah yang rumit (complex problem solving), berpikir kritis (critical thinking), kreativitas, manajemen manusia, koordinasi dengan orang lain, kecerdasan emosional, pengambilan keputusan, orientasi layanan, negosiasi dan cognitive flexibility.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Universitas Pertamina telah berkomitmen untuk mengisi dunia industri dengan sarjana-sarjana yang kompeten di bidangnya masing-masing. Lulusan Universitas Pertamina akan menjadi sarjana plus, yaitu scholar atau cendekia yang tidak hanya menguasai keilmuan, namun juga memiliki karakter profesional,” jelas Akhmaloka dalam Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pertamina,di gedung UP, Jakarta Selatan, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Ia juga mengingatkan, pada mahasiswa baru agar memiliki tanggung jawab untuk turut menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat dan bangsa Indonesia. Masyarakat dan bangsa Indonesia membutuhkan kontribusi terbaik untuk untuk memimpin Indonesia ke arah yang lebih sejahtera dan tercerahkan.
 
Baca:Universitas Pertamina Dorong Mahasiswa Bangun Perusahaan Rintisan
 
“Adalah wajar dan adil bila tanggung jawab yang lebih besar diemban oleh mereka yang mendapatkan kesempatan yang lebih baik dan memiliki kemampuan lebih” tutur mantan rektor ITB ini.
 
Akhmaloka juga meminta mahasiswa baru UP untuk belajar bersungguh-sungguh sehingga dapat menjadi Sumber Daya Manusia Indonesia yang tangguh. Akhmaloka juga meminta mahasiswanya menjadilifelong learnersatau pembelajar sepanjang hayat.
 
“Adik-adik akan kami ajak menjadilifelong learners, pembelajar sepanjang hayat,” kata Akhmaloka.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif