Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

BSNP Uji Publik Standar Baru Pembelajaran Jarak Jauh

Pendidikan Kualitas Pendidikan Metode Pembelajaran
Ilham Pratama Putra • 08 Juli 2020 14:45
Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) akan mengembangkan standar terbaru untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pengembangan standar ini merupakan amanat dalam Pasal 31 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).
 
Ketua BSNP, Abdul Mu'ti menyebut, pengembangan itu telah berada dalam tahap uji publik. "Saat ini, proses pengembangan draf standar PJJ sudah sampai pada tahap uji publik," kata Abdul dalam Konferensi Video, Rabu, 8 Juli 2020.
 
Dia menyebut, pengembangan standar PJJ untuk jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah ini guna menjawab tren pendidikan berkualitas di masa depan. Pengembangan standar ini merupakan amanat dalam Pasal 31 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebagai bagian dari upaya penjaminan mutu pendidikan," sambung Mu'ti.
 
Baca juga:Pengamat Menilai Nadiem Tak Terbuka dalam Membuat Kebijakan
 
Sistem baru ini, katanya Mu'ti, akan mengantarkan warga pendidikan untuk melek teknologi. Hal ini menurutnya sudah menjadi keniscayaan, karena telah menjadi tantangan abad 21.
 
"Sistem PJJ yang semakin berkembang dengan inovasi abad 21 merupakan salah satu sistem pendidikan yang memiliki daya jangkau luas lintas ruang, waktu, dan sosial ekonomi," kata Mu'ti.
 
Dalam mengembangkan standar baru PJJ ini, BSNP juga melibatkan Tim Ahli, yang terdiri dari para praktisi dan akademisi di bidang yang terkait.
 
"Kami juga memperhatikan masukan dari berbagai pemangku kepentingan. Kami juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan," tegas Abdul.
 
Untuk masyarakat yang ingin memberikan masukan terkait pengembangan PJJ bisa menghubungi BSNP. Masukan masyarakat dapat dikirim melalui surel Sekretariat BSNP yaitu sekretariat@bsnp.or.id.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif