NEWSTICKER
Kampus UGM, UGM/Humas.
Kampus UGM, UGM/Humas.

Kuliah Daring UGM Diikuti 23 Ribu Mahasiswa

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 20 Maret 2020 19:37
Jakarta: Perkuliahan dengan metode daring di Universitas Gadjah Mada (UGM) telah diikuti 23 ribu mahasiswa. Pihak UGM menyebut metode ini memang memiliki tantangan tersendiri.
 
"Kita sudah menyosialisasikan kuliah daring dengan model learning management system ini sejak 2017, namun dengan situasi sekarang justru menjadi tantangan bagi kita bagaimana dosen dan mahasiswa harus terlibat semuanya," kata Kepala Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) UGM, Hatma Suryatmojo dalam siaran pers, Jumat 19 Maret 2020.
 
Pihaknya mengunakan aplikasi Webex guna mendukung kegiatan kuliah daring. Namun UGM juga tak menghalangi dosen ketika memiliki aplikasi lain yang dinilai lebih mendukung proses belajar mengajar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita berikan keleluasaan bagi dosen, namun yang belum terbiasa kita memberikan tutorial hingga pelatihan," lanjutnya.
 
Hatma mengaku, tak ada mahasiswa yang mengalami kendala dalam belajar daring. Dia menyebut mahasiswanya telah beradaptasi dengan teknologi.
 
"Tinggal mereka harus sediakan kuota yang cukup," lanjut dia.
 
Bahkan salah seorang dosen Fakultas Biologi mengaku melihat mahasiswanya lebih aktif jika dibandingkan kelas reguler. Mahasiswanya sangat antusias ketika ada diskusi dalam pembelajaran daring.
 
Lebih lanjut, UGM sendiri juga memiliki fasilitas server mandiri untuk pembelajaran daring. Di antaranya aplikasi pembelajaran elok.ugm.ac.id dan elisa.ugm.ac.id serta administrasi akademik untuk simaster.ugm.ac.id.
 
Direktur Sistem dan Sumber Daya Informasi, UGM, Widyawan mengatakan dosen maupun mahasiswa tinggal memilih aplikasi apa yang disepakati untuk belajar.
 
“Tergantung dosen masing-masing. Untuk konten berbasis teks dan audio memerlukan bandwidth lebih sedikit dibanding berbasis interaksi video. Sistem e-learning di UGM seperti elok.ugm.ac.id bisa mewadahi semua media tersebut,” kata ujar Widyawan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif