Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah

Aptisi Keluhkan PTS Masih Jadi Anak Tiri

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 20 Januari 2020 19:34
Jakarta: Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) menilai Perguruan Tinggi Swasta belum mendapat perlakuan adil dari pemerintah. Pasalnya, pemerintah lebih memperhatikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ketimbang PTS.
 
Padahal dari sekitar 4.700 perguruan tinggi yang ada di Indonesia, 95 persen di antaranya merupakan PTS. Sedangkan jumlah PTN di Indonesia hanya 5 persennya.
 
“Sangat mengejutkan belum ada presiden dan menterinya yang berpihak pada perguruan tinggi swasta yang jumlahnya jauh lebih banyak,” kata Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Budi Djatmiko, di Jakarta, Senin, 20 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketidakadilan itu, kata Budi, salah satunya terlihat dari pembagian anggaran. Menurut Budi alokasi anggaran belanja negara sangat minim untuk PTS, tidak sebanding dengan jumlah PTS yang sangat banyak tersebut.
 
“Setiap tahun tidak mencapai 10% dari total anggaran untuk seluruh perguruan tinggi yang ada, 90% lebih APBN pendidikan tinggi digelontorkan untuk PTN,” keluhnya.
 
Namun meski 90 persen digelontorkan ke PTN, sejauh ini masih tiga PTN yang mampu menembus 500 perguruan tinggi terbaik dunia.“Tetapi semua dosa dan permasalahan ditimpahkan pada PTS. Semua peraturan hanya untuk membelenggu PTS, alih-alih menaikkan mutu, malah PTS terbebani semua aturan yang konyol tidak esensi pada mutu sesungguhnya,” jelasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif