Ketua MWA Universitas Brawijaya, Muhadjir Effendy. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
Ketua MWA Universitas Brawijaya, Muhadjir Effendy. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

Tanpa Voting, 17 Anggota MWA Sepakat Pilih Widodo Jadi Rektor Baru UB

Daviq Umar Al Faruq • 22 Mei 2022 08:09
Malang: Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Brawijaya (UB) menetapkan Prof. Widodo SSi. MSi. PhD. MedSc. sebagai Rektor UB periode 2022-2027.  Sebanyak 17 anggota Majelis Wali Amanat (MWA bersepakat secara musyawarah mufajkat untuk memilih Widodo sebagai rektor baru UB, sehingga tidak perlu melalui proses pemilihan suara atau voting.
 
Saat ditanya awak media, Ketua MWA, Muhadjir Effendy, menyebut alasan pemilihan Widodo  sebagai rektor merupakan pertanyaan yang sulit dijawab.
 
"Ini pertanyaan sulit. Masalahnya kan begini, ini kan harus dipilih satu dari tiga. Beda dengan nikah. Seandainya nikah, saya pilih semua itu," kata Muhadjir, saat konferensi pers, Sabtu 21 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Muhadjir menerangkan, dalam waktu dekat, Widodo bakal segera dilantik sebagai Rektor UB. Selanjutnya, Rektor UB terpilih bakal melakukan pengembangan kampus sesuai dengan rencana strategis (renstra) yang telah dirancang oleh MWA. 
 
"Jadi nanti untuk pengembangan UB ke depan itu secara eksekusi di rektor. Tetapi di dalam kaitannya dengan rencana strategis itu nanti akan dirancang bersama-sama MWA dan itu sudah ada semua," katanya.
 
Muhadjir menegaskan, renstra rancangan MWA tidak akan memberi batasan atau mempersempit ruang gerak Rektor UB terpilih. Sebab, pengembangan kampus diakuinya akan sangat bergantung pada bagaimana kreativitas, visi dan misi rektor ke depan.
 
"Tetapi memang rektor juga tidak bisa melampaui norma-norma atau yang sudah dirancang oleh MWA. Terutama kaitannya dengan pengembangan UB yang bersifat nonakademik," imbuhnya.
 
Sebelumnya, Majelis Wali Amanat (MWA) resmi menetapkan Prof. Widodo SSi. MSi. PhD. MedSc. sebagai Rektor Universitas Brawijaya (UB) periode 2022-2027. Keputusan itu diambil setelah sidang pleno yang diselenggarakan secara tertutup di Gedung Rektorat UB, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu 21 Mei 2022.
 
Baca juga: Sah! Widodo Terpilih Jadi Rektor UB Periode 2022-2027
 
Ketua Majelis Wali Amanat (MWA), Muhadjir Effendy, mengatakan, proses akhir pemilihan rektor (pilrek) UB melalui sidang pleno tertutup menggunakan sistem musyawarah mufakat. Sidang pleno kali ini diikuti oleh seluruh anggota MAW sebanyak 17 orang.
 
"Hasil mufakatnya, anggota menetapkan atau memilih dari tiga calon yaitu telah menetapkan Bapak Profesor Widodo sebagai Rektor Universitas Brawijaya periode 2022-2027," katanya usai sidang.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif