Kapal Senopati. DOK Unnes
Kapal Senopati. DOK Unnes

Kapal Senopati Karya Mahasiswa Unnes Sabet Juara 1 di Ajang MARINESIA 2022

Renatha Swasty • 25 Mei 2022 11:49
Jakarta: Tim Creativity and Research Club (CRC) Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (FT Unnes) yang tergabung dalam Senopati team berhasil meraih juara 1 dalam Kejuaraan Inovasi Desain Kapal Ikan. Lomba diselenggarakan Universitas Hasanuddin Makassar dalam Marine Innovation Festival Indonesia (MARINESIA 2022).
 
Senopati team diKetua Muhammad Yusuf Wibowo dengan anggota Andi Abdullah Ghyferi dan Muhammad Harits. Senopati team membawakan Kapal Senopati yang merupakan kapal dengan kelas fishing vessels yang dirancang dengan ukuran panjang 77 meter, lebar 13,5-meter, dan tinggi 9 meter. 
 
Selain itu, Kapal Senopati dirancang memiliki kecepatan beroperasi 13 knot. Yusuf menjelaskan kapal purse seine ramah lingkungan berbasis Magneto Hydro Dynamics (MHD) ini dilengkapi dengan metode light fishing dengan sumber photovolic untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGS) 2030.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yusuf mengatakan photovoltaic merupakan penerapan sel surya sebagai pemanfaatan energi terbarukan untuk sumber daya penerangan di kapal. Selain itu, LED Light fishing merupakan penerapan lampu LED sebagai pemikat ikan dan menggantikan lampu petromaks yang masih menggunakan BBM.
 
MHD sistem di Kapal Senopati berguna sebagai penggerak kapal yang memanfaatkan teknologi MHD untuk menggantikan motor diesel. Rektor Unnes Fathur Rokhman bangga dan mengapresiasi capaian itu. 
 
Fathur mengatakan dalam menghadapi tantangan berskala global di era perkembangan teknologi generasi muda harus terus berinovasi.
 
“Alhamdulillah kabar gembira dari mahasiswa Fakultas Teknik Unnes. Semoga dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk mahasiswa yang lain maupun mahasiswa di seluruh Indonesia,” tutur dia. 
 
Baca: Berjasa di Karate-Do, INKAI Berikan Rektor Unnes Fathur Rokhman Sabuk Hitam
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif