Kampus UB. Foto: Dok. UB
Kampus UB. Foto: Dok. UB

UniRank, Universitas Brawijaya Peringkat ke-3 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Pendidikan Pendidikan Tinggi Peringkat Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi Universitas Brawijaya UniRank
Daviq Umar Al Faruq • 28 Januari 2022 19:36
Malang: Universitas Brawijaya (UB) meraih peringkat ketiga sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dalam pemeringkatan internasional 2021 Indonesian University Ranking (UniRank). Peringkat ini dirilis pada bulan Juli 2021 di situs 4icu.org. Sementara itu untuk tingkat Asia, UB menduduki ranking ke-42 Top Universities in Asia.
 
UniRank, sebelumnya 4ICU, menggunakan algoritma dari lima metrik web, yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow dalam melakukan pemeringkatan secara umum.
 
UniRank memiliki syarat agar perguruan tinggi dapat di-ranking yaitu, terakreditasi oleh badan akreditasi pendidikan tinggi yang resmi, memiliki program gelar sarjana dan pascasarjana, serta memiliki perkuliahan utama dalam bentuk tatap muka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“4ICU ini merupakan situs pemeringkatan perguruan tinggi internasional berbasis traffic web atau berbasis web metrics, jadi bisa dikatakan ini merupakan ranking website perguruan tinggi yang tidak secara langsung menggambarkan kualitas akademiknya,” jelas Ketua Pusat Pemeringkatan UB, Adharul Muttaqin, Jumat 28 Januari 2022.
 
Berikut adalah 10 perguruan tinggi terbaik se-Indonesia versi UniRank 2021:
 
1.  Universitas Gadjah Mada (UGM)
2.  Universitas Indonesia (UI)
3.  Universitas Brawijaya (UB)
4.  Universitas Airlangga (UNAIR)
5.  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
6.  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
7.  Institut Pertanian Bogor (IPB)
8.  Universitas Diponegoro (UNDIP)
9.  Universitas Padjadjaran (UNPAD)
10.Universitas Negeri Semarang (UNNES).
 
Sebelumnya, pada pemeringkatan internasional Times Higher Education World University Rankings (THE WUR), UB menduduki peringkat 1201+ dunia, dan keenam di Indonesia. Peringkat ini berdasarkan academic reputation, employer reputation, faculty student ratio, citations per faculty, international faculty, dan international students.
 
Sementara itu pada pemeringkatan internasional Webometrics, UB berada di peringkat ke-4 nasional berdasarkan tiga indikator, yaitu web content impact atau visibility, openness atau transparency, dan excellence atau scholar.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif