Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Orange Tulip Scholarship 2022, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Pendidikan Beasiswa Pendidikan Tinggi Bantuan Pendidikan Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 19 Januari 2022 21:01
Jakarta: Pemerintah Belanda melalui Nuffic Neso kembali membuka program beasiswa kuliah S1 dan S2 untuk pelajar internasional, termasuk Indonesia, melanjutkan studi di universitas terbaik di Belanda. Pendaftaran sudah dibuka hingga 1 April 2022.
 
Orange Tulip Scholarship (OTS) adalah beasiswa parsial yang bertujuan untuk meningkatkan kesempatan studi di Belanda bagi para pelajar unggul Indonesia dan mancanegara yang berminat untuk melanjutkan program studi sarjana dan pascasarjana.  
 
Beasiswa OTS pertama kali diluncurkan oleh Nuffic Neso Indonesia pada 2012, berkat adanya kerjasama yang baik antara Nuffic Neso dengan institusi pendidikan tinggi Belanda. Untuk 2022, tersedia 59 beasiswa yang tersebar di 19 institusi pendidikan tinggi di Belanda.
 
Beasiswa yang didapatkan per individu tergantung dari skema yang ditawarkan masing-masing oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda. Seperti potongan biaya kuliah yang beragam antara 30 persen-100 persen, pemberian bantuan tunjangan biaya hidup, bantuan biaya pengurusan visa, dan asuransi kesehatan selama studi.
 
Melansir Ruangguru, berikut ini syarat dan cara pendaftaran OTS 2022:

Persyaratan:

  1. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia.
  2. Status saat ini tidak sedang bekerja atau menempuh studi di Belanda
  3. Sedang dalam proses pendaftaran, atau telah diterima pada salah satu universitas mitra program Orange Tulip Scholarship.
  4. Memenuhi syarat khusus yang ditetapkan oleh masing-masing skema beasiswa Orange Tulip Scholarship
Baca: Pendaftaran Orange Tulip Scholarship 2022 Dibuka, Ini Daftar Kampusnya

Detail Pendaftaran:

  1. Pastikan kampus tujuan terdaftar sebagai mitra program beasiswa Orange Tulip Scholarship. Untuk mengetahui daftar kampus yang bisa kamu pilih, bisa cek di web Neso - Study in Holland
  2. Simak segala informasi yang dijelaskan, dan pastikan memilih kampus tujuan dan segera mendaftar secara mandiri pada universitas tersebut.
  3. Peserta akan mendapatkan konfirmasi dari universitas melalui e-mail / sistem pendaftaran daring yang berisi keterangan tertulis dari pihak universitas. Keterangan tersebut harus disimpan dan diperlukan untuk mendaftar Beasiswa OTS.
  4. Dapatkan Letter of Acceptance dari universitas di Belanda
  5. Berkas yang perlu dikumpulkan yaitu formulir pendaftaran beasiswa Orange Tulip Scholarship 2022, bukti pendaftaran ke universitas di Belanda, dan curriculum vitae (CV).
  6. Kirimkan berkas dalam bentuk softcopy pada format Word atau PDF. Setiap file diberi nama jelas dalam Bahasa Inggris. 
  7. Pastikan ukuran semua berkas kamu tidak melebihi 20 MB
  8. Setelah semua berkas sudah siap, kamu bisa kirimkan email tersebut ke  ots@nesoindonesia.or.id.
  9. Pastikan juga telah mendapat balasan dari pengelola beasiswa bahwa berkas kamu telah diterima dengan baik. (Pihak Neso Indonesia akan membalas maksimal 2 minggu)
  10. Batas waktu pendaftarannya akan mengikuti jadwal masing-masing penerimaan di setiap universitas. Simak informasinya dengan lengkap ya!

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif