Pelatihan bertajuk 'Pembentukan Kader Remaja New Normal' dalam rangka Dies Natalis ke-11 FK UKDW. Foto: Dok UKDW
Pelatihan bertajuk 'Pembentukan Kader Remaja New Normal' dalam rangka Dies Natalis ke-11 FK UKDW. Foto: Dok UKDW

FK UKDW Beri Pelatihan Pembentukan Kader Remaja New Normal

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Arga sumantri • 11 September 2020 20:11
Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan bertajuk 'Pembentukan Kader Remaja New Normal' dalam rangka Dies Natalis ke-11. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan Balai Desa Murtigading, Sanden, Bantul, Yogyakarta, pada Rabu, 9 September.
 
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama, Daniel Chriswinanto Adityo N menyatakan, penanganan covid-19 di lini terdepan adalah masyarakat, bukan dokter. Salah satu tugas dokter hanya mencegah supaya tidak ada pasien yang meninggal.
 
Menurut dia, manfaat dari kegiatan ini dapat memberikan pemahaman tentang kebiasaan baru yang harus diterapkan. Dengan begitu, masyarakat diharapkan mampu mencegah penyebaran covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan dapat mengetahui cara pencegahan gejalanya, sehingga peserta mampu menginformasikan kegiatan ini ke masyarakat," kata Daniel melalui keterangan tertulis, Jumat, 11 September 2020.
 
Baca:Mahasiswi UKDW Melaju ke AWS DeepRacer Women's League Asia Tenggara
 
Daniel juga memaparkan tentang pembatasan kegiatan di era kenormalan baru atau new normal yang harus diperhatikan penanganannya. Ia menjelaskan, covid-19 membawa dampak yang sangat besar terhadap semua aktivitas di dunia. Hampir semua kota di Indonesia sudah memiliki transmisi lokal, yaitu penularan tanpa bepergian ke luar kota.
 
"Di awal Mei, pemerintah mengajak untuk menghadapi tatanan dunia baru, yaitu tatanan, kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada adaptasi untuk membiasakan perilaku hidup bersih," terang salah satu pemateri kegiatan tersebut.
 
Pemateri lain dari FK UKDW, Yanti Ivana, memaparkan tentang pentingnya menjaga daya tahan tubuh. Ia menjelaskan, berdasarkan data per Mei 2020, pasien yang terkena covid-19 banyak didominasi oleh lanjut usia (lansia). Namun, tidak menutup kemungkinan dapat menjangkit semua usia.

 
Halaman Selanjutnya
"Daya tahan tubuh yang menurun…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif