Mahasiswa Itenas membagikan hand sanitizer dan masker kapada ojek online.  Foto: Dok. Itenas
Mahasiswa Itenas membagikan hand sanitizer dan masker kapada ojek online. Foto: Dok. Itenas

Itenas Produksi Hand Sanitizer Hingga Masker

Pendidikan Virus Korona beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 13 April 2020 18:57
Jakarta: Institut Teknologi Nasional (Itenas) ikut berkontribusi dalam pencegahan pandemi virus korona atau (covid-19) di Kota Bandung. Itenas turut memproduksi cairan antiseptik atau hand sanitizer.
 
"Di sela ramainya masyarakat panic buying terhadap hand sanitizer, Itenas turut membuat dan membagikan hand sanitizer," kata Dosen Program Studi Teknik Kimia Itenas, Maya Ramadianti dalam keterangannya, Senin 13 April 2020.
 
Dia menyebut, produk hand sanitizer ini merupakan hasil inovasi mandiri dari laboratorium Itenas. Tak hanya hand sanitizer, Itenas juga membuat masker dan disebar ke fasilitas umum hingga masjid.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain inisiatif dari para dosen, tentunya mahasiswa pun tidak kalah aktif," tambahnya.
 
Maya menjelaskan, produksi hand sanitizer maupun masker telah mengikuti standar kesehatan dan aman digunakan. Pihaknya telah meneliti berbagai komponen untuk memproduksi barang tersebut.
 
"Sebanyak 100 botol hand sanitizer yang dibuat Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Itenas ini juga dibagikan secara gratis kepada para ojek online, petugas Dishub dan Kepolisian yang kebetulan bertugas, Satpol PP, petugas parkir, pedagang kaki lima, petugas kebersihan, hingga pengamen yang masih harus tetap bekerja untuk mencari nafkah," jelas Maya.
 
Baca juga:Buruan Daftar, Pendaftaran Mahasiswa Baru Itenas Masih Dibuka
 
Selain membuat perlengkapan sanitasi secara mandiri, ada pula karya yang menarik dari mahasiswa Informatika Itenas. Masyarakat dapat melihat perkembangan terbaru terkait covid-19 di kota bandung melalui laman covid.itenas.tech.
 
"Fungsi utama yang ingin diraih dari situs ini adalah agar pengguna dapat mengetahui seberapa jauh seseorang dari lokasi ODP (Orang Dalam Pengawasan) atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) di sekitarnya," terang Maya.
 
Dia menyatakan, sivitas akademika Itenas berkomitmen akan terus berusaha membantu penanganan pandemi covid-19 di Kota Bandung. Itenas berharap masyarakat semakin disiplin dan saling peduli pada masa sulit ini.
 
"Semoga dengan doa, perilaku disiplin, dan bantuan sesuai kemampuan kita semua sebagai elemen masyarakat, pandemi covid-19 di Indonesia akan segera usai," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif