NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala
Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala

Jadwal UN Susulan SMK Dibahas Setelah UN SMA

Pendidikan Ujian Nasional Virus Korona
Ilham Pratama Putra • 17 Maret 2020 11:50
Jakarta:Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tengah melakukan pembahasan tentang skenario Ujian Nasional susulan sebagai dampak penundaan Ujian Nasional. Penentuan jadwal ulang UN Susulan SMK di sejumlah daerah bakal dirapatkan usai UN SMA selesai, pada 2 April 2020.
 
Seperti diketahui, sejumlah pemerintah daerah (pemda) memutuskan untuk meliburkan kegiatan tatap muka di sekolah. Hal ini berdampak pada ditundanya Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang seharusnya digelar pekan ini.
 
"Soal UN Susulan SMK, Kita baru akan bahas setelah UN SMA selesai," kata Ketua BSNP, Abdul Mu'ti kepada Medcom.id, Selasa 17 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya mengambil pilihan tersebut, karena ingin mengevaluasi dua minggu penerapan libur yang ditetapkan pemda. Sebab ada kemungkinan, ketika libur ditambah maka berpotensi mengganggu jadwal UN SMA yang dimulai 30 Maret 2020.
 
"Ketika UN SMA juga terdampak, baru kita akan bahas," ungkap dia.
 
Baca juga:Enam Provinsi Tunda UN SMK
 
Saat ini BSNP sedang melakukan pendataan Provinsi dan Kabupaten atau Kota yang menunda UN SMK secara keseluruhan. Jika kemarin ada enam provinsi yang menunda UN, mulai hari ini terdapat satu lagi provinsi yang akhirnya menghentikan UN.
 
"Jadi sampai saat ini sudah tujuh. Tambah Kalimantan Timur yang hari pertama menyelenggarakan UN SMK, Mulai hari ini ditiadakan. Karena instruksi pemda," jelas dia
 
Untuk berapa jumlah sekolah dan siswa terdampak di Kalimantan Timur, pihaknya belum dapat memastikan. Abdul menyebut BSNP sedang melakukan pendataan.
 
Selain Kalimantan Timur, sebelumnya enam provinsi menyatakan menunda pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Enam provinsi yang menunda pelaksanaan UN SMK yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, dan Riau.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif