Kampus Unpad. Foto: Dok. Unpad
Kampus Unpad. Foto: Dok. Unpad

Unpad Beberkan Ragam Modus Penipuan Mahasiswa Baru di Kampusnya

Pendidikan UTBK SNMPTN/SBMPTN 2020 Pengumuman SBMPTN 2020
Citra Larasati • 15 Agustus 2020 10:00
Jakarta: Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran (Unpad), Arief Sjamsulaksan Kartasasmita mengimbau calon mahasiswa baru agar mewaspadai berbagai modus penipuan terkait seleksi penerimaan dan registrasi mahasiswa baru.
 
Arief menegaskan, proses registrasi mahasiswa baru akan dilakukan secara daring. Ini dilakukan mengingat proses registrasi dilaksanakan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru akibat pandemi covid-19.
 
Proses registrasi daring yang akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat adalah registrasi calon mahasiswa baru Unpad yang lulus melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Informasi tentang daftar ulang mahasiswa baru ini dapat dilihat di lamanhttps://smup.unpad.ac.id/informasi-registrasi-sbmptn/.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jadi tidak ada pihak-pihak yang ditunjuk Unpad untuk mengurus registrasi secaraoffline. Kalau ada yang menawarkan bantuan untuk registrasi di luar laman resmi Unpad, itu sudah pasti bohong,” tegas Arief dalam siaran pers, Sabtu, 15 Agustus 2020.
 
Baca juga: Ilmu Komunikasi Prodi Soshum Terfavorit di SBMPTN 2020
 
Arief mengungkapkan, bahwa ada sejumlah modus penipuan yang kerap mengemuka seputar registrasi mahasiswa baru. Mulai dari permintaan mentransfer sejumlah uang, hingga pembukaan jalur penerimaan lain di luar jalur penerimaan resmi Unpad, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), SBMPTN, dan Jalur Mandiri.
 
Arief mencontohkan, salah satu modus yang juga sering muncul adalah menggunakan surat kelulusan palsu untuk bisa mendaftar secara daring. Menurut Arief, hal ini tidak mungkin bisa dilakukan, mengingat setiap surat memilikibarcodekhusus yang langsung terkoneksi ke laman LTMPT.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif