NEWSTICKER
Suasana Rapat Kerja Komisi X dengan Kemendikbud. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul
Suasana Rapat Kerja Komisi X dengan Kemendikbud. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul

Respons Nadiem Soal Bayar SPP Pakai GoPay

Pendidikan Biaya Pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 20 Februari 2020 15:34
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengaku kaget dengan sorotan yang ditujukan kepadanya setelah ada fitur teranyar membayar biaya pendidikan melaluiGoPay. Ia pun menegaskan, layanan itu tidak terkait dengan kebijakannya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
 
"Itu merupakan rencana yang disusun bertahun-tahun, dan merupakan kompetisi bebas antardompet digital di Indonesia. Tidak ada hubungannya sama sekali dengan kebijakan Kemendikbud," tegas Nadiem dalam Rapat kerja bersama Komisi X, Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 20 Februari 2020.
 
Lebih lanjut Nadiem mengatakan, dirinya sangat menjaga integritas. Untuk itu dia sangat menghindari terjadinya Conflict of Interestsaat dia menjabat sebagai menteri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini harus saya tekankan. Untuk semua yang berhubungan dengan perusahaan di mana saya sudah melepaskan semua posisi itu mohon ditanya ke perusahaannya, karena saya mendedikasikan diri mencoba menyempurnakan sistem pendidikan kita," ungkap Nadiem.
 
Nadiem juga mengatakan, bahwa sekolah bebas memilih metode pembayarannya. Baik menggunakan transfer bank maupun dompet digital. Ia menegaskan, tidak ada kebijakan Kemendikbud sama sekali terkait hal tersebut.
 
"Jadinya mohon maaf kalau saya sedikit jengkel dengan komentar-komentar seperti ini. Tapi ya enggak apa-apa. Ini namanya demokrasi dan di demokrasi kita harus selalu mempertanggungjawabkan kritik apapun di masyarakat," terangnya.
 
Sebelumnya, GoJek meluncurkan fitur anyar, yakni membayar biaya sekolah melalui Gobills. Saat ini sudah ada sekitar 180 lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, sekolah dan tempat kursus di Indonesia yang telah terdaftar di GoBills.
 
Hal ini sejalan dengan strategi GoPay untuk tetap menjadi dompet digital terdepan di Indonesia melalui inovasi dan pengembangan fungsi.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif