Ilustrasi. Foto: Gojek/Humas
Ilustrasi. Foto: Gojek/Humas

Bayar SPP Pakai GoPay Butuh Kejelasan Regulasi

FSGI: SPP Sekolah Tidak Boleh Diwajibkan Pakai GoPay

Pendidikan Biaya Pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 19 Februari 2020 17:49
Jakarta: Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai munculnya fitur membayar biaya pendidikan menggunakan dompet digital sepertiGoPay harus dibarengi regulasi yang jelas. Pasalnya GoJek masih sangat melekat dengan sosok Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Nadiem Makarim.
 
Wakil Sekretaris Jenderal FSGI, Satriwan Halim menjelaskan, regulasi ini diperlukan untuk memisahkan secara tegas antara urusan bisnis perusahaan GoJek dengan dunia pendidikan yang sekarang dinakhodai eks bos Gojek tersebut. Jika tidak ada regulasi, dikhawatirkan akan ada komando yang mewajibkan lembaga pendidikan menggunakan produk tersebut.
 
"Harus ada regulasi lebih lanjut untuk mengatur ini semua. Sebelum menjadi membesar. Apalagi kalo ada semacam instruksi agar memakai produk perusahaan tersebut. Ini yang dikhawatirkan terjadi," terang Satriwan, Jakarta, Rabu, 19 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut ia mengingatkan, agar pemerintah daerah waspada potensi pemaksaan yang dilakukan oleh pihak berwenang untuk menggunakan produk tersebut. Terutama demi keuntungan kelompok bisnis tertentu.
 
"Harus benar-benar hati-hati. Agar tidak terjadi abuse of power dari pihak-pihak yang berwenang. Memanfaatkan kewenangan untuk menguntungkan kelompok bisnis tertentu. Jangan sampai pendidikan menjadi arena eksploitasi bisnis oleh kelompok industri tertentu," jelasnya.
 
Satriwan sendiri mengaku, tidak masalah dengan inovasi yang dilakukan GoPay hingga menembus dunia pendidikan. Apalagi di era digital saat ini, hal itu pun sah-sah saja sebagai sebuah bisnis.
 
"Persoalan bahwa Gojek itu agresif dan inovatif dalam menawarkan produk-produk industri sampai merambah dunia pendidikan, itu wajar saja sebagai entitas Bisnis, apalagi di era digital dan internet of things sekarang," ungkapnya.
 
Sebelumnya, para orang tua dan wali murid kini dapat membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dan biaya pendidikan lain seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler melalui aplikasi GoPay. Pembayaran SPP melalui aplikasi Gojek tak lagi sebatas meme, namun telah menjadi kenyataan dengan menggunakan fitur GoBills.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif