Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Kota Surabaya, Jawa Timur. Foto: Kementerian PUPR
Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Kota Surabaya, Jawa Timur. Foto: Kementerian PUPR

AMN Jadi Salah Satu Strategi Pemerintah Tingkatkan SDM Berkualitas

Antara • 03 Desember 2022 01:05
Jakarta: Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) merupakan salah satu strategi pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM). AMN di Surabaya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
Staf Khusus Presiden Bidang Pendidikan, Inovasi, dan Pembangunan Daerah Terluar, Billy Mambrasar, mengatakan Jokowi pada periode kedua ini sangat fokus pada pendidikan dan pengembangan SDM. Hal tersebut bisa dilihat dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
Dia menjelaskan alokasi terbesar dalam APBN adalah sektor pendidikan, yakni sebesar 20 persen atau Rp630 Triliun. "Arahan pendidikan dan pengembangan SDM itu di dalamnya termasuk pengembangan pendidikan tinggi," ujar Billy, Jumat, 2 Desember 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam rangka akseptabilitas pendidikan tersebut, lanjut dia, maka berbagai strategi dikeluarkan. Salah satunya adalah instruksi Presiden melalui kemitraan bersama dengan Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Kebudayaan, Riset, dan teknologi (Kemendikbudristek), dan Kementerian Pertahanan.
 
"Anak-anak di daerah terjauh dan terluar diseleksi untuk disekolahkan dengan pola pendidikan berbasis asrama di kota-kota studi terbesar di Indonesia," kata Billy.
 
Dia mengatakan 40 persen mahasiswa tersebut adalah anak-anak dari Papua dan 60 persen dari provinsi lain. "Jadi, mereka berada dalam satu atap belajar bersama-sama dalam kurang lebih 4-5 tahun ke depan," ujar dia.
 
Salah tujuan pembangunan AMN adalah untuk meningkatkan kedisiplinan. Kedua, para mahasiswanya bisa belajar di kampus-kampus terbaik dengan beasiswa. Tujuan lainnya yaitu melatih rasa kebangsaan. 
 
Baca: Kabar Gembira! Calon Mahasiswa Program D3 Vokasi Bisa Ikut SNPMB 2023
 
Dia menuturkan AMN bisa memunculkan rasa kebersamaan karena dalam kurun empat hingga lima tahun bersama. Kebiasaan masing-masing mahasiswa di daerah asal akan dibawa dan diperkenalkan.
 
Dia mengatakan pembangunan AMN di sejumlah daerah lain akan dimulai pada 2023. Pelepasan lahan dan penyiapannya telah dilakukan oleh kepala daerah dan Dirjen Cipta Karya PUPR atas instruksi dari Presiden.
 
(UWA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif