Siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar di ruang kelas yang rusak, Foto:Antara/Novrian Arbi
Siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar di ruang kelas yang rusak, Foto:Antara/Novrian Arbi

Ratusan Ribu Ruang Kelas Rusak Berat

Pendidikan sekolah rusak
Intan Yunelia • 25 Mei 2018 22:16
Jakarta: Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) segera merenovasi ruang kelas rusak di sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia. Menyusul semakin banyaknya ruang kelas yang rusak, bahkan jumlahnya mencapai ratusan ribu.
 
Berdasarkan data Kemendikbud tahun 2017 hingga 2018 ada sekitar 151.509 ruangan kelas yang rusak parah. Begitu pun dengan kerusakan sedang ke bawah mencapai 118.899 kelas.
 
"Ratusan ribu ruang kelas yang rusak tersebut meliputi, SD, SMP, dan SMA," ujar Bambang, Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Antara, untuk memperbaiki kerusakan tersebut memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Oleh karenanya dibutuhkan dana dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah).
 
Mantan anggota komisi III DPR ini melanjutkan, bahwa perbaikan mendesak dilakukan untuk menunjang proses belajar di kelas. Untuk itu, DPR akan menyetujui alokasi dana yang diperuntukkan bagi sekolah yang rusak.
 
"Saya meminta Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan untuk menyetujui alokasi anggaran kepada Kemendikbud agar segera dilakukan perbaikan sarana dan prasarana sekolah," seru Bambang.
 
Selain dana yang diperoleh dari APBN dan APBD, Politisi Partai Golkar ini pun meminta pemerintah menggandeng dinas pendidikan provinsi maupun kabupaten dan kota untuk merenovasi kelas yang rusak tersebut.
 
"Kemendikbud, agar meningkatkan dana pemeliharaan sekolah kepada dinas-dinas pendidikan, sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan ruang kelas di sekolah," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif