Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Besok, Kemendikbudristek Umumkan Kelanjutan Bantuan Kuota Internet

Pendidikan Pembelajaran Daring Bantuan Pendidikan Anggaran Pendidikan Subsidi Kuota Kemendikbudristek
Ilham Pratama Putra • 03 Agustus 2021 20:25
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal melanjutkan kembali program bantuan kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Bantuan tersebut sempat dihentikan pada Mei 2021.
 
Kemendikbudristek rencananya bakal meresmikan kelanjutan program bantuan kuota internet, besok. Bantuan kuota internet itu dinilai memberikan pengaruh besar terhadap pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) daring.
 
Pada periode sebelumnya, Kemendikbudristek memberikan kuota sebesar 7 gigabyte (GB) per bulan untuk siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sedangkan, siswa jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh volume kuota sebesar 10 GB per bulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemendikbudristek Diundur Hingga 11 Agustus
 
Sementara untuk guru PAUD, guru jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 12 GB per bulan. Untuk mahasiswa dan dosen, akan memperoleh kuota sebanyak 15 GB per bulan.
 
Tak hanya bantuan kuota, Kemendikbudristek juga berencana melanjutkan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa yang terdampak covid-19, bantuan subsidi upah, dan peningkatan kapasitas rumah sakit pendidikan untuk penanganan pandemi.
 
Bantuan tersebut kembali dilanjutkan setelah menimbang kondisi pandemi pada dua minggu setelah tahun ajaran 2021/2022 dimulai. Pertimbangan digodok oleh  Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kemendikbudristek, dan Kementerian Agama (Kemenag).
 
Masing-masing Menteri dari kementerian tersebut bakal memberikan penjelasan terkait keberlanjutan bantuan. Tiga menteri tersebut bakal menggelar konferensi pers melalui Youtube Kemendikbud RI pada Rabu, 4 Agustus 2021 pukul 16.00 WIB.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif