Kegiatan mendongeng di TBM Bukit Duri Bercerita. Foto: Istimewa
Kegiatan mendongeng di TBM Bukit Duri Bercerita. Foto: Istimewa

Peringati Hari Dongeng Nasional, Kenang Kembali Sosok Pak Raden

Pendidikan pendidikan Pendidikan Dasar Pendidikan Karakter Dongeng
Media Indonesia.com • 28 November 2021 21:12
Jakarta: Memperingati Hari Dongeng Nasional, Taman Bacaan Bukit Duri Bercerita punya cara unik. Komunitas ini berupaya terus menghidupkan tradisi dongeng seperti yang dirintis sosok pendongeng terkemuka yang multi talenta, yakni Suyadi, yang akrab disapa Pak Raden.
 
"Kegiatan dongeng memberikan banyak imajinasi untuk tumbuh kembang anak. Lewat dongeng, anak-anak dapat bersemangat dalam mengembangkan bakat dan cita-citanya," kata pendiri TBM Bukit Duri Bercerita, Safrudiningsih, melalui keterangan tertulis, Minggu, 28 November 2021.
 
Hari Dongeng Nasional dirayakan setiap 28 November. Peringatan tersebut diambil dari tanggal kelahiran Pak Raden. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Memperingati Hari Dongeng Nasional, TBM Bukit Duri Bercerita mengadakan lomba membaca buku atau dongeng. Ajang ini untuk melatih keberanian anak-anak untuk berani tampil di hadapan teman-temennya. Empat pembaca buku/dongeng terbaik diberikan hadiah.
 
Dalam memperingati Hari Dongeng Nasional ini, TBM Bukit Duri Bercerita berkolaborasi dengan Kampung Dongeng Jakarta Selatan, TBM DKI Jakarta, Karang Taruna Kelurahan Bukit Duri, Komunitas Sedekah Mainan, dan dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI).
 
"Saya berharap anak-anak berbahagia lewat hadirnya TBM-TBM di seluruh Indonesia. TBM bisa menjadi sarana belajar anak-anak," ujar Safruningsih yang biasa disapa Kak Ning Nong.
 
Baca: Pembentukan Karakter Anak Gagal Karena Kurang Keteladanan
 
Ketua TBM DKI Jakarta, Yudy Hartanto, mengatakan peringatan Hari Dongeng Nasional ini relevan dalam situasi masyarakat saat ini. Khususnya bagi anak-anak dan remaja yang sangat gandrug dengan gawai dan media sosialnya.
 
Selain lomba dongeng, ada juga aksi dongeng dari para pendongeng Kampung Dongeng Jakarta Selatan. Ada Kak Riza, Kak Yanti, Kak Desi, Kak Ning, Kak Mini, Kak Suci, Kak Barir, dan Kak Titi. 
 
Ketua Kampung Dongeng Nasional, Awam Prakoso, mengatakan komunitasnya konsisten memasyarakatkan dongeng dan melakukan pendampingan terhadap anak-anak. Di Hari Dongeng Nasional kali ini, Kampung Dongeng Nasional menyelenggarakan Festival Hari Dongeng Nasional secara daring dan luring. 
 
"Dongeng itu penting untuk masa depan anak. Kita harus memberikan ruang bagi anak-anak untuk mendapatkannya. Anak Indonesia berhak berbahagia,” kata Awam.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif