Peninggalan Prasejarah Jadi Pemikat di Museum Gajah
Gedung Museum Nasional. (Foto: Medcom.id/Inten Suhartien).
Jakarta: Museum Nasional masih menjadi pilihan para wisatawan. Selain akses yang mudah dijangkau, museum yang biasa disebut sebagai Museum Gajah ini punya 150.000 koleksi.

Ada tujuh jenis koleksi dimiliki museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Yaitu koleksi prasejarah, arkeologi, numismatik dan heraldik, keramik, etnografi, sejarah, serta geografi.


Untuk menuju ke Museum Nasional cukup mudah. Wisatawan yang menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan moda transportasi Transjakarta dan turun di halte busway Monas. Bila menggunakan commuter line, turun di Stasiun Juanda kemudian naik Transjakarta dan turun di halte busway Monas.

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, pihak museum juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas di basement. Lahan parkir itu dapat menampung 200 unit mobil dan 200 sepeda motor. 

Anis, pengunjung, mengaku lokasi Museum Nasional cukup strategis. Sebab di sekitar museum terdapat tempat wisata edukatif lainnya seperti Museum Sejarah Nasional (Museum Monas).

"Aksesnya mudah dan banyak lokasi alternatif lain di sekitar Monas. Di sini juga banyak koleksi prasejarah," ungkap mahasiswi asal Bekasi itu.

Koleksi benda prasejarah yang cukup lengkap di Museum Nasional juga menarik minat Bella untuk berkunjung. "Tertarik sama peninggalan prasejarah, seperti patung manusia purba yang cukup menarik. Tiket masuknya juga masih terjangkau," tutur pengunjung yang berasal dari Tangerang itu.

Ketika memasuki Museum Nasional, pengelola akan meminta pengunjung untuk menitipkan tasnya terlebih dahulu. Pengunjung juga diimbau untuk tidak makan atau pun minum di dalam ruang museum. 

Museum yang didirikan Pemerintah Belanda pada 24 April 1778 beroperasi pada pukul 08.30-16.00 WIB pada Selasa hingga Jumat. Sementara pada Sabtu dan Minggu beroperasi pukul 08.30-17.00 WIB.

Tiket masuk Museum Nasional untuk dewasa sebesar Rp5.000, anak-anak Rp2.000, dan wisatawan mancanegara Rp10.000. Museum Nasional juga menerima tamu rombongan dengan minimal peserta sebanyak 20 orang. Harga tiket masuk bagi rombongan berbeda, untuk dewasa sebesar Rp3.000 sedangkan anak-anak Rp1.000.



(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id