Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah

Cegah Covid-19, Sekolah di Yogyakarta Bakal Terima BOS Daerah Khusus

Pendidikan Virus Korona sekolah
Antara • 06 Oktober 2020 20:28
Yogyakarta: Sekolah negeri di Kota Yogyakarta dari jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga SMP akan memperoleh Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Daerah khusus digunakan untuk pengadaan fasilitas pencegahan dan pengendalian virus korona (covid-19) di lingkungan satuan pendidikan. Anggarannya berasal dari APBD Perubahan 2020.
 
"Harapannya bisa segera ditetapkan dan kemudian direalisasikan untuk mendukung pengadaan sarana dan prasana pencegahan covid-19 di sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Budi Ashrori di Yogyakarta, Selasa, 6 Oktober 2020.
 
Ia menjelaskan pemberian BOS Daerah khusus tersebut dituangkan dalam Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 81 Tahun 2020 yang ditetapkan akhir September. BOS Daerah khusus tersebut, tambahnya, bisa digunakan untuk pengadaan wastafel atau tempat cuci tangan dan thermogun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nilai bantuan untuk pengadaan satu unit wastafel Rp1,5 juta dan untuk satu unit thermogun Rp725 ribu. Sebelum menerima BOS Daerah khusus tersebut, setiap sekolah diminta mengajukan proposal. Ia memastikan, BOS Daerah reguler tetap diberikan ke sekolah.
 
Total BOS Daerah khusus untuk mendukung penerapan protokol kesehatan di sekolah tersebut dianggarkan sekitar Rp2,5 miliar. Dana dialokasikan untuk enam TK, 89 SD dan 16 SMP negeri di Kota Yogyakarta.
 
"Kami sudah memiliki panduan mengenai jumlah ideal wastafel yang harus disediakan di sekolah atau fasilitas lainnya dan prosedur penerapan protokol kesehatan di sekolah. Panduan ini kami susun sebagai persiapan jika kegiatan belajar mengajar sudah diperbolehkan untuk dilakukan secara langsung," paparnya.
 
Baca:Sekolah Belum Berani Terapkan Kurikulum yang Disederhanakan
 
Sejumlah sekolah, lanjut dia, sebenarnya sudah memiliki fasilitas pendukung protokol kesehatan, seperti wastafel. Namun, jumlahnya belum memenuhi kebutuhan ideal.
 
"Makanya ada BOS Daerah khusus untuk mendukung bahwa protokol kesehatan di sekolah dilakukan dengan baik," katanya
 
Berdasarkan data awal, jumlah wastafel atau tempat cuci tangan yang dibutuhkan di sekolah di Kota Yogyakarta cukup banyak, yaitu sekitar 1.280 unit.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif