Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam. Foto: Tangkapan layar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam. Foto: Tangkapan layar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Dorong Digitalisasi Kampus, Kemendikbudristek Bersama Telkom Hadirkan TeSCA

Pendidikan Digitalisasi Sekolah Perguruan Tinggi Digitalisasi Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 15 November 2021 15:48
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng PT Telkom Indonesia untuk mendorong digitalisasi pendidikan di perguruan tinggi. Keduanya berkolaborasi menjalankan program Telkom Smart Campus Awards (TeSCA).
 
"Kita akan mengakselerasi perguruan tinggi kita, memperkuatnya menjadi smart campus melalui TeSCA," ujar Plt. Dirjen Diktiristek, Nizam dalam konferensi pers daring, Senin, 15 November 2021.
 
Nizam mengatakan, TeSCA dapat menjadi wadah bagi perguruan tinggi yang ingin mendapatkan dukungan dari PT Telkom dalam mengembangan inovasi. Dia berharap perguruan tinggi banyak yang mengikuti program tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semoga apa yang disebut dengan kampus cerdas, kampus 5.0 itu bisa terwujud, bergabung dengan TeSCA akan menata peta perguruan tinggi kita ke depan," tutur Nizam.
 
Baca: Mulai Semester Depan, Perkuliahan Praktikum di ITB Sepenuhnya Luring
 
sementara itu, Direktur Enterprise Bisnis Service PT Telkom, Edi Witjara menyebut TeSCA adalah langkah nyata untuk mendukung inovasi dari talenta digital Indonesia. Dengan adanya TeSCA, pemantauan talenta digital di lingkungan kampus akan semakin cepat.
 
"Sehingga kita di industri (Telkom) yang memerlukan talenta, dapat cepat kita kembangkan talentanya," tutur Edi.
 
Menurutnya, TeSCA juga menjadi langkah kolaborasi antara perguruan tinggi, industri dan pemerintah untuk mengembangkan teknologi masa depan. Gerakan kolaborasi ini dipercaya akan membuat Indonesia semakin siap menghadapai tantangan digital ke depan.
 
"Sehingga kita di Industri mewadahi ini, kita memanfaatkan dan melakukan improve apa yang dihasilkan perguruan tinggi juga kita dukung. Dengan sinergi kampus, bisnisnya, penelitinya, pemerintah tentu ini akan memberikan impact yang bagus juga," jelas Edi.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif