Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Simak, Ini Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju

Pendidikan Beasiswa Pendidikan Tinggi Bantuan Pendidikan Perguruan Tinggi Puspresnas
Medcom • 01 Desember 2021 21:32
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar program Beasiswa Indonesia Maju angkatan 1 (reguler). Pendaftaran program beasiswa ini sudah dibuka pada 28 November 2021.
 
Melalui keterangan resmi Kemendikbudristek dijelaskan, Program Beasiswa Indonesia Maju diberikan kepada peserta didik di kelas 12 jenjang SMA/SMK/MA/sederajat yang berprestasi pada ajang lomba, kompetisi, atau festival bidang Sains, Riset, Teknologi, dan Inovasi, yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).
 
Peserta terpilih akan mendapat bantuan pendidikan untuk melanjutkan pendidikan S1 di perguruan tinggi luar negeri terpilih dalam kerangka Manajemen Talenta Nasional. Program Beasiswa Indonesia Maju adalah program yang terintegrasi yang terdiri dari dua tahapan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertama, tahap pembinaan yang mencakup persiapan serta pendaftaran. Kedua, tahap kuliah jika berhasil memperoleh Letter of Acceptance (LoA) dari perguruan tinggi luar negeri terpilih. 
 
Program beasiswa ini menyediakan 36 perguruan tinggi luar negeri yang bisa dipilih. Perguruan tinggi tersebut tersebar di berbagai negara, seperti Australia, Amerika, Inggris, Singapura, Tiongkok, Kanada, Taiwan, Jepang, dan Hongkong.
 
Baca: Kuliah di Luar Negeri, Pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju Angkatan I Dibuka

Persyaratan umum Beasiswa Indonesia Maju sebagai berikut:

  1. Warga negara Indonesia (dibuktikan dengan salinan identitas diri dan KK)
  2. Siswa kelas 12 Pendidikan Menengah (SMA/SMK/MA/sederajat) (dibuktikan dengan salinan transkrip nilai rapor kelas 10 semester 1 hingga semester terbaru di kelas 12)
  3. Tercatat sebagai pemenang atau finalis pada lomba/kompetisi/festival tingkat internasional dan nasional dalam bidang sains, riset, teknologi, dan inovasi yang diselenggarakan pada dua tahun terakhir oleh Pusat Prestasi Nasional (dibuktikan dengan sertifikat/piagam pemenang/Surat Keputusan)
  4. Melampirkan sertifikat bahasa asing (opsional)
  5. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/beasiswa-indonesia-maju/
  6. Membuat Surat Pernyataan kesanggupan mengikuti program Beasiswa Indonesia Maju bermaterai Rp10.000 (format terlampir)
  7. Melampirkan surat persetujuan dari orang tua
  8. Menyusun tiga esai aplikasi yang terdiri dari total 600-900 kata dalam Bahasa Inggris
Proses seleksi program Beasiswa Indonesia Maju meliputi administrasi, serta substandi dan wawancara. Kriteria penilainnya, transkip nilai rapor berbobot 30 persen, prestasi 30 persen, dan esai, penilaian substansi, dan wawancara 40 persen.
 
Peserta yang lolos akan mendapatkan pendanaan penuah atau parsial untuk biaya pendidikan dan biaya penunjang pendidikan selama penerima beasiswa melakukan studi S1 Luar Negeri dengan masa studi normal (maksimal 4 tahun).

Berikut ini jadwal tahapan kegiatan program Beasiswa Indonesia Maju:

  1. Sosialisasi via email/WhatsApp blast pada 27 November 2021
  2. Sosialisasi via virtual meeting pada 28 November 2021
  3. Pendaftaran beasiswa pada 28 November hingga 3 Desember 2021(pukul 16.00).
  4. Seleksi administrasi pada 4 Desember 2021
  5. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 5 Desember 2021
  6. Seleksi substansi dan wawancara pada 6-9 Desember 2021
  7. Pengumuman hasil seleksi substansi dan wawancara pada 10 Desember 2021
  8. Mulai tahap pembinaan pada 11 Desember 2021 (Taris Dwi Aryani)

 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif