Kapal pelat datar.  Foto: Kemenristek/Humas
Kapal pelat datar. Foto: Kemenristek/Humas

Kapal Pelat Datar Inovasi UI Didorong Masuk Industri

Pendidikan inovasi
Intan Yunelia • 10 November 2019 17:51
Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro memperkenalkan inovasi hasil karya anak bangsa dalam acara Expo 55th Dies Natalies Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Di antaranya inovasi Kapal Pelat Datar Fakultas Teknik UI (FTUI) yang sudah dikembangkan selama lima tahun terakhir dan siap untuk dihilirisasi ke industri.
 
Kapal ini diharapkan dapat mendukung perekonomian Indonesia di masa mendatang. Bambang mendorong kapal pelat datar ini dapat mulai diproduksi oleh industri perkapalan. Karena kapal pelat datar ini memiliki keunggulan mulai dari segi biaya sampai efektivitas kapal.
 
“Selain biayanya lebih murah, lebih cepat dan juga sesuai standar. Maka (kapal pelat datar) ini bisa memenuhi kebutuhan konektivitas antar pulau dan waktu pembuatannya juga lebih cepat,” kata Bambang di Jakarta, Jumat, 8 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kapal pelat datar ini merupakan produk hasil pengembangan dan rekayasa desain dari FTUI yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar dan diproduksi oleh PT. Juragan Kapal Indonesia. Perusahaan startup ini bergerak di bidang produksi pekapalan di bawah binaan Kemenristek dan berkolaborasi dengan jurusan Teknik Perkapalan UI.
 
Dekan Fakultas Teknik UI, Hendri Dwi Saptioratni mengatakan, FTUI berkomitmen untuk meningkatkan kontribusinya kepada masyarakat. Sesuai dengan tema Dies Natalies FTUI ke-55 yaitu ‘Membumikan Engineering Untuk Indonesia’ dengan melakukan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan awareness akan pentingnya profesi insinyur.
 
Engineer atau insinyur, dalam penyebutan sehari-hari, adalah setiap orang yang memiliki profesi dalam berbagai bidang teknik. Tugasnya adalah merekayasa solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi, dengan menggunakan pendekatan ilmiah dan teknologi,” ujar Hendri.
 
Ia menjelaskan, bahwa penyelenggaraan pendidikan di FTUI dilaksanakan dengan metode-metode pembelajaran terkini, mengedepankan riset-riset yang adaptif dan solutif terhadap permasalahan bangsa. Inovasi ini dibawa ke tengah masyarakat melalui pameran produk riset inovasi yang tengah diselenggarakan oleh FTUI.
 
"Harapannya dapat meningkatkan minat generasi muda terhadap teknologi dan profesi perekayasa," tutup Hendri.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif