Gedung Kampus UI. Foto: UI/Humas
Gedung Kampus UI. Foto: UI/Humas

UI Jadikan Hasil Pemeringkatan Versi QS Motivasi

Pendidikan Pendidikan Tinggi Peringkat Perguruan Tinggi
Intan Yunelia • 03 Desember 2019 00:33
Jakarta: Universitas Indonesia ogah terlena dengan hasil pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) University Ranking 2020. Rektor UI Ari Kuncoro menjadikan hasil yang dikeluarkan lembaga pemeringkat bergengsi dunia itu sebagai motivasi.
 
"Saya rasa (QS) bisa digunakan sebagai motivator. Seperti tinju, kita menggunakan sparring partner," kata Ari dalam acara OPSI MetroTV, Senin 2 Desember 2019.
 
Ari menuturkan ranking perguruan tinggi sejatinya bukan tujuan, melainkan hanya instrumen. Ia menegaskan tujuan perguruan tinggi berdiri adalah guna mencerdaskan kehidupan bangsa. "Tetapi kita perlu brainmark, speedometer dan barometer," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ari, lewat publikasi pemeringkatan, perguruan tinggi bisa menilai kelemahan dan kekurangannya untuk bersaing di tingkat global. Pemeringkatan juga bisa jadi penentu sejauh mana jejaring perguruan tinggi. Ia meyakini pemeringkatan perguruan tinggi juga akan berkelindan dengan sektor ekonomi.
 
"Jadi kalau network kita kira-kira masih tertinggal sekarang misalnya defisit neraca dagang, itu network kita kalah bersaing," ujarnya.
 
UI menduduki peringkat ke-59 di Asia berdasarkan QS Asia University Ranking 2020 yang dilakukan terhadap 550 perguruan tinggi Se-Asia. Ranking UI masih jadi yang teratas di antara kampus Indonesia lainnya. Kendati, peringkat UI ini menurun ketimbang tahun lalu yang berada di posisi 57.
 
"Berarti kita harus bersilaturahmi dan bekerjasama dan berkolaborasi dengan universitas lain di dunia terutama yang bereputasi. Inilah kuncinya," tuturnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif