Ilustrasi. Foto:  MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto

Riset Perguruan Tinggi di Bawah Koordinasi Kemenristek

Pendidikan Riset dan Penelitian
Muhammad Syahrul Ramadhan • 31 Oktober 2019 18:27
Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro mengatakan, penelitian-penelitian yang dilakukan di Perguruan Tinggi nantinya akan tetap berada di bawah Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).
 
"Penelitian perguruan tinggi masih tetap di bawah koordinasi Kementerian Ristek," terang Bambang di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Sementara itu, terkait pendidikan tinggi yang bergabung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bambang mengatakan Kemendikbud akan banyak menangani pengajarannya. Sementara penelitian tetap di Kemenristek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Kepala Bappenas ini memastikan, Kemenristek tetap akan melakukan pembinaan terhadap penelitian yang dilakukan di perguruan tinggi. "Pembinaan juga akan tetap diberikan oleh Kemenristek," ujarnya.
 
Sebelumnya, Bambang mengatakan, dalam tiga bulan ke depan sudah mulai terbentuk Badan Riset Inovasi Nasional. Saat ini ia terus mengumpulkan data sebagai masukan untuk pembentukan BRIN.
 
"Masih dibahas. Saya masih keliling dulu. Intinya kita ingin mendorong integrasi riset dari hulu sampai hilir dan memastikan tidak ada duplikasi atau bidang-bidang yang dilupakan dalam riset dan inovasi itu sendiri," terang Bambang.
 
Pembentukan BRIN sendiri telah diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek).
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif