Chief Education Officer Zenius Education Sabda di Jakarta (19/11). Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Chief Education Officer Zenius Education Sabda di Jakarta (19/11). Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Dekatkan Guru dengan Teknologi, Zenius Gandeng 'We The Teachers'

Pendidikan guru
Muhammad Syahrul Ramadhan • 19 November 2019 22:40
Jakarta: Perusahan Digital Pendidikan Teknologi Zenius menggandeng 'We The Teachers' organisasi yang bergerak di bidang pendidikan khususnya pada pemberdayaan guru di berbagai daerah di Indonesia.
 
Ada dua program yang diusung oleh keduanya yang mempunyai visi sama untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Salah staunya melalui pemberdayaan guru lewat teknologi.
 
Pertama, pemberdayaan guru di wilayah-wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) di Indonesia. Pemberdayaan yang dilakukan adalah melakukan digitalisasi dalam proses belajar mengajar, bukan hanya dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tetapi juga sebagai bantuan untuk tugas-tugas administratif yang menyita waktu. "Tujuannya agar guru bisa lebih banyak menggunakan waktu dan energinya untuk menjalankan perannya sebagai pendidik, memfasilitasi proses pembelajaran dan pribadi yang menginspirasi," terang Chief Education Officer Zenius Education, Sabda PS di Union Space, Jakarta Selatan, Selasa, 19 November 2019.
 
Kedua, distribusi infrastruktur belajar mengajar yang lebih baik. Zenius dan We The Teachers berupaya membantu sekolah dan anak didik di berbagai wilayah tertinggal di Indonesia agar mendapatkan fasilitas penunjang pendidikan yang layak. Seperti teknologi digitalisasi sekolah Zenius Prestasi.
 
Sabda mengatakan, guru merupakan aspek penting dalam menunjang keberhasilan belajar mengajar. Karena itu peran guru tidak serta merta dapat digantikan oleh teknologi.
 
“Teknologi justru dapat digunakan sebagai kanal dalam memberdayakan para guru sehingga dapat menjawab tantangan pendidikan di era digital,” ujarnya.
 
Founder We The Teachers, Amanda Witdarmono menjelaskan, lahirnya generasi yang dekat dengan teknologi menuntut guru untuk mampu beradaptasi dengan pendekatan belajar yang mengikuti perkembangan zaman. Namun demikian, pada praktiknya masih banyak guru yang belum mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar dengan efektif dan tepat sasaran.
 
Ia pun menyebut bagaimana teknologi ampuh untuk mengefisienkan tugas-tugas administratif guru yang selama ini juga menjadi beban.
 
"Inilah alasan kami bekerja sama dengan Zenius Education, visi kami sama untuk mencerahkan guru demi kemajuan pendidikan Indonesia. Teknologi akan memberikan ruang gerak untuk para guru dapat benar-benar menjadi pendidik yang memfasilitasi pembelajaran,” tandasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif