Penutupan Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) 2020. Zoom
Penutupan Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) 2020. Zoom

KIBM 2020, Upaya Kemendikbud Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa

Pendidikan Wirausaha Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 04 Desember 2020 15:20
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Pupsresnas) untuk pertama kalinya menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) 2020. Ajang ini diharapkan bisa membantu jiwa wirausaha para mahasiswa sebagai wujud program Kampus Merdeka.
 
"Anda adalah calon-calon juara hebat untuk Indonesia masa depan. Anda yang akan menjadi pilar dan pemimpin masa depan, menciptakan pekerjaan yang baik untuk masyarakat Indonesia. Ini tentunya suatu kebanggaan yang luar biasa," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kemendikbud, Wikan Sakarinto melalui keterangan tertulis, Jumat, 4 Desember 2020.
 
Melalui program ini, Wikan berharap mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan mampu bersaing secara global dengan mengoptimalkan potensi nasional. Tentunya, kata Wikan, merupakan kebanggaan bagi seluruh peserta yang telah menciptakan inovasi di bidang kewirausahaan dan terus mengembangkan kemampuan wirausaha mahasiswa di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Agar mampu bersaing sampai ke level global dengan mengoptimalkan potensi lokal dan potensi nasional," tutur Wikan.
 
Wikan juga berharap para peserta KIBM 2020 bisa menelurkan ide-ide bisnis yang mampu mengundang investor besar, dari dalam maupun luar negeri. Menurut Wikan, para investor itu sebenarnya menunggu ide-ide segar dan futuristik. 
 
"Saya pastikan dana yang terparkir dari investor-investor itu sangat besar dan mereka kalau sudah percaya kepada sebuah ide dan pemilik ide itu, mereka akan jauh lebih confident untuk mengalirkan dana mereka pada startup seperti ini," ungkapnya.
 
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif