Mendikbudristek Nadiem Makarim. Foto: Dok BPMI.
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Foto: Dok BPMI.

Nadiem Diharapkan Jadi 'Jembatan' Peneliti Indonesia dengan Kampus Mancanegara

Pendidikan Riset dan Penelitian Nadiem Makarim Universitas Indonesia Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 30 April 2021 14:43
Jakarta: Nadiem Makarim resmi menjabat Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim dibebani tugas baru. Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro berharap Nadiem bisa menghubungkan peneliti Indonesia dengan perguruan tinggi mancanegara.
 
"Membangun network dengan universitas di luar negeri, mencoba menggandengkan. Itu tugas tambahan Mendikbudristek. Jadi ada engangement dengan jejaring universitas internasional yang nanti antar peneliti bisa saling tukar menukar," kata Ari kepada Medcom.id, Jumat, 30 April 2021.
 
Selain itu, kata Ari, Nadiem juga harus bisa mengantarkan perguruan tinggi Indonesia ke dalam komunitas penelitian dunia. Hal ini agar peneliti dari tingkat universitas dapat berkolaborasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena kan saat ini tidak mungkin penelitian sendiri. Karena apalagi yang mendapat bobot besar adalah yang bisa melakukan kolaborasi internasional dalam program Dikti," lanjutnya.
 
Baca: UGM Buka Seleksi Jalur Prestasi, Cek Persyaratannya
 
Ari percaya Kemendikbudristek bisa melakukan hal tersebut karena memiliki kewenangan membuat kebijakan. Kemendikbudristek dipercaya mampu menghubungkan peneliti dengan penyandang dana penelitian.
 
"Uang dicari di tempat lain, bisa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) atau bisa Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Jadi proposal masuk ke Kemendikbud-Ristek lalu  mendevelop proposal bisa ke BRIN atau LPDP," katanya.
 
Nadiem sendiri berharap bisa meningkatkan kualitas dan inovasi di perguruan tinggi. Khususnya, dalam bidang riset dan teknologi sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi.
 
"Riset dan teknologi adalah hal yang dekat di hati saya. Kami juga berharap untuk dapat menjadi mitra dan bekerja sama secara dekat dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)," ujar Nadiem usai pelantikan di Istana Negara, Rabu, 28 April 2021.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif