Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

Nadiem Bakal Umumkan Kebijakan Bantuan Kuota Internet Hari ini

Pendidikan Pembelajaran Daring Bantuan Pendidikan Anggaran Pendidikan Subsidi Kuota
Arga sumantri • 01 Maret 2021 10:37
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan jika subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen bakal dilanjutkan pada 2021. Rencananya, kebijakan itu akan diumumkan secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim hari ini.
 
Pelaksana tugas Sekjen Kemendikbud, Ainun Na'im menyebut bakal ada perubahan skema subsidi kuota internet di 2021. Namun, belum ada keterangan resmi lanjutan terkait skema baru program yang ditujukan untuk menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) itu.
 
"Namun tentu kita akan berusaha untuk menempuh dengan cara yang lebih baik," kata Ainun, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Subsidi Kuota Internet Kemendikbud Lanjut di 2021
 
Ainun menegaskan, jika program bantuan kuota internet layak dilanjutkan. Hasil evaluasi program subsidi kuota 2020, kata dia, banyak warga pendidikan yang terbantu.
 
"Hasilnya sangat baik dan hasil survei dan evaluasi dari pihak ketiga pemanfaatan kuota, internet tersebut yang juga sangat tinggi," sambungnya.
 
Rincian kuota pada 2020 lalu untuk siswa sebesar 35 Gigabyte (GB) per bulan dan guru 42 GB per bulan. Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen diberikan masing-masing 50 GB per bulan. Bantuan ini diberikan selama empat bulan.
 
Anggaran Rp7,2 triliun itu berasal dari dana cadangan APBN 2020 sebesar Rp8,9 triliun. Sisanya, sebesar Rp1,7 bakal dialokasikan untuk tunjangan profesi guru dan dosen.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif