Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Delapan Politeknik Negeri Bisa Dipilih di SBMPTN 2020

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru SNMPTN/SBMPTN 2020
Ilham Pratama Putra • 25 Mei 2020 15:09
Jakarta: Politeknik Negeri juga turut dalam Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Setidaknya ada delapan Politeknik negeri yang ikut serta dalam SBMPTN tahun ini.
 
"Tahun 2020 ini kita bekerja sama membantu politeknik. Dalam pendaftaran UTBK-SBMPTN ada delapan politeknik negeri yang ikut mendaftar di kita," kata Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo dalam Sosialisasi UTBK-SBMPTN 2020 di kanal YouTube LTMPT Official, Senin 25 Mei 2020.
 
Namun peserta yang memilih politeknik tidak diperkenankan memilih perguruan tinggi negeri. Begitu pula sebaliknya. "Jadi kalau pilihan pertama prodinya di politeknik, pilihan ke duanya juga harus politeknik," jelas Budi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Menyesuaikan Pandemi, Catat Perubahan Aturan UTBK-SBMPTN 2020
 
Bagi yang memilih perguruan tinggi, Budi pun kembali mengingatkan untuk tidak melakukan pemilihan prodi lintas jurusan. Peserta tidak bisa memilih prodi yang tidak selaras dengan latar pendidikannya di sekolah.
 
"Mohon maaf kami sudah menentukan dan memang misal yang IPS memilih kedokteran pun tingkat kegagalannya tinggi, walaupun nilai UTBK-SBMPTN-nya bagus. Semua sudah kami sediakan apa yang bisa dipilih," ujar Budi.
 
Baca juga:LTMPT: Peserta UTBK-SBMPTN Jangan Pilih Prodi Lintas Jurusan
 
Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 dimulai pada 2 Juni hingga 20 Juni 2020. Pelaksanaan UTBK-SBMPTN bakal digelar 5 hingga 12 Juli 2020. Sedangkan hasil UTBK-SBMPTN 2020 akan diumumkan 25 Juli 2020.
 
"Hasil pengumuman UTBK-SBMPTN 2020 langsung kepada lolos di prodi apa dan di perguruan tinggi mana peserta diterima. Nilai UTBK sendiri nantinya akan kami berikan juga diusahakan bersamaan dengan pengumuman," pungkas Budi.
 
Berikut delapan Politeknik Negeri yang bisa dipilih di SBMPTN 2020:
 
1. Politeknik Negeri Batam
 
2. Politeknis Negeri Bengkalis
 
3. Politeknik Negeri Padang
 
4. Politeknik Negeri Jakarta
 
5. Politeknik Negeri Media Kreatif
 
6. Politeknik Negeri Banyuwangi
 
7. Politeknik Negeri Jember
 
8. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif