Kampus Universitas Gajah Mada (UGM). Dokumentasi UGM.
Kampus Universitas Gajah Mada (UGM). Dokumentasi UGM.

1.753 Pendaftar UGM Lolos SNMPTN 2020

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru SNMPTN/SBMPTN 2020
Ahmad Mustaqim • 08 April 2020 22:01
Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima 1.753 mahasiswa baru jenjang S1 reguler dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020. Mereka menyisihkan 23.851 pendaftar lain pada tes SNMPTN kali ini.
 
Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan (PPK) UGM, Djagal Wiseso Marseno mengatakan, kelompok program studi (prodi) Sains dan Teknologi (Saintek) memiliki banyak peminat, seperti Farmasi, Kedokteran, dan Teknologi Informasi. Jumlahnya, mencapai 1.238 mahasiswa baru.
 
Sedangkan, kelompok program studi Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan peminat terbanyak yakni Psikologi, Manajemen, dan Hukum. Mahasiswa baru yang diterima kelompok ini sebanyak 515 pendaftar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan demikian, hanya 4,84 persen pendaftar yang akhirnya diterima di UGM melalui jalur SNMPTN,” kata Djagal dalam siaran pers pada Rabu, 8 April 2020.
 
Baca:1.106 Pendaftar UI Lolos SNMPTN 2020
 
Djagal mengingatkan, peserta tes yang lolos SNMPTN segera mencari informasi proses berikutnya. Ia mengatakan ada sejumlah persyaratan berkas yang harus dilengkapi. Dokumen itu harus diunggah di laman https://um.ugm.ac.id/admisi.
 
"Mulai tanggal 13 April 2020 pukul 13.00 WIB sampai dengan 30 April 2020 pukul 23.59 WIB," ujarnya.
 
Kegiatan registrasi lain yang juga harus segera dilakukan calon mahasiswa UGM yakni membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), mencetak bukti registrasi, mengambil Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), dan jaket almamater. Calon mahasiswa diminta memperbarui informasi untuk keperluan registrasi itu lewat akun praregistrasi.
 
“Apabila sampai dengan tanggal 30 April 2020 pukul 23.59 WIB calon mahasiswa tidak melengkapi biodata dan mengunggah dokumen sesuai dengan prosedur dan ketentuan maka yang bersangkutan dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa Program Sarjana Universitas Gadjah Mada Tahun Akademik 2020/2021," ujarnya.
 
Ia menambahkan, pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah harus menambah persyaratan khusus. Peserta harus melakukan pemindaian (scan) KIP dan surat pernyataan kesediaan membayar UKT jika pendaftaran KIP Kuliah tidak disetujui.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif