Ilustrasi.  Foto: Dok. Unand
Ilustrasi. Foto: Dok. Unand

Mahasiswa Unand Boleh Ambil Kredit SKS di Luar Negeri

Pendidikan Pendidikan Tinggi Kebijakan pendidikan Kampus Merdeka
Muhammad Syahrul Ramadhan • 05 Februari 2020 13:39
Jakarta: Universitas Andalas memberikan pembiayaan bagi mahasiswanya untuk mengikuti Program Credit Earning di Luar Negeri 2020. Pembiayaan yang diberikan antara lain Travel Cost (At Cost) atau biaya perjalanan hingga Living Cost atau biaya hidup selama di luar negeri.
 
Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Layanan Internasional Universitas Andalas, Vonny Indah Mutiara menyampaikan, program Credit Earning di luar negeri ini minimal ditempuh selama tiga bulan. Sementara jumlah peserta untuk program Credit Earning Tahun ini, Unand mengalokasikan dua orang dari setiap Fakultas.
 
“Negara tujuan untuk program Credit Earning diprioritaskan ke Asia Tenggara,” kata Vonny dikutip dari laman Unand, Rabu, 5 Februrari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vonny menjelaskan, program ini sejalan dengan gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim di 'Kampus Merdeka' yang memberi kelonggaran dan kesempatan bagi mahasiwa untuk selama dua semester melakukan kegiatan di luar kampus.
 
Tujuan program ini, ungkap Vonny, salah satunya untuk percepatan Internasionalisasi dan Capacity Building Unand. “Hal itu (Kampus Merdeka) sejalan dengan program Universitas Andalas," terangnya.
 
Adapun syarat mahasiswa yang dapat mengikuti peogram ini adalah, mahasiswa aktif S1 dan sedang menempuh semester 4-6. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.0 ke atas dan nilai ITP 500 ke atas.
 
Nantinya sistem seleksi akan dilakukan secara terbuka. Baik seleksi akademik maupun nonakademik. Harapanya tentu agar mendapatkan mahasiswa yang betul-betul ingin mengikuti program Credit Earning Tahun ini.
 
Seleksi mulai digelar pada 29 Januari sampai 30 Maret 2020 dan akan diumumkan pada 1 April 2020. Program mulai dilaksanakan pada 10 April sampai 30 November 2020.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif