Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani

Peran Laman Perguruan Tinggi Kian Strategis di Era 4.0

Pendidikan Pendidikan Tinggi Peringkat Perguruan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 04 Februari 2020 16:04
Jakarta: Rektor Universitas Widya Mataram Yogyakarta, Edy Suandi Hamid mengungkapkan, berdasarkan pengalamannya saat menjadi Rektor di Universitas Islam Indonesia (UII) untuk meningkatkan peringkat di lembaga pemeringkatan seperti Webometrics harus didesain dengan apik. Laman perguruan tinggi di era 4.0 kian strategis perannya, sehingga mulai dari perencanaan hingga eksekusinya harus ditangani secara serius.
 
"Artinya kita mempelajari indikator-indikatornya, kriteria kita penuhi. UII masuk Webometrics awalnya, itu tahun 2007. Bahkan kita perguruan tinggi islam yang pertama masuk, baik negeri maupun swasta," jelasnya Edy kepada Medcom.id, Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.
 
Selain itu, ia juga membentuk tim khusus untuk mengelola laman UII guna mendesain dan mengisi konten. Senada, dosen sekaligus peneliti pendidikan Universitas Paramadina Totok Amin Soefijanto menyebut bahwa memang diperlukan tim pengembangan laman khusus di perguruan tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


SebabWebometrics mengukur eksistensi perguruan tinggi di internet. Dengan adanya tim khusus, akan memiliki konten riset yang menarik sehingga meningkatkan kualitas laman.
 
Hasilnya, laman perguruan tinggi akan banyak dikunjungi. "Konten dan aktivitas di laman PT (Perguruan Tinggi) tersebut semakin baik, bermutu, menarik, relevan dengan kebutuhan, dan banyak dikunjungi khalayak secara virtual," jelasnya.
 
Selain menarik, konten laman harus memiliki format yang beragam. Tidak hanya berupa teks. "Tetapi juga multimedia. Selain itu, ada banyak interaksi dengan pemangku kepentingannya secara luas," terangnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif