Rektor Tepilih Universitas Brawijaya (UB), Nuhfil Hanani, Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
Rektor Tepilih Universitas Brawijaya (UB), Nuhfil Hanani, Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

UB Targetkan Juara Umum Pimnas Lagi

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Daviq Umar Al Faruq • 10 Juli 2018 19:37
Malang: Universitas Brawijaya (UB) menargetkan juara umum pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2018. Rencananya, Pimnas tahun ini digelar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada akhir Agustus mendatang.
 
"Pimnas targetnya juara lagi. Kita maksimal lah. Kemaren kita gelar pameran dan mahasiswanya kita latih. Kita tidak ada pilihan, targetnya harus juara," kata Rektor UB, Nuhfil Hanani di Malang, Selasa 10 Juli 2018.
 
UB sebelumnya telah meraih juara umum Pimnas lima kali berturut-turut pada 2009, 2010, 2012, 2015, 2016 dan 2017. Tahun ini, UB menargetkan juara umum ke-tujuh dan quatrick juara umum secara berturut-turut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya berharap mahasiswa mempersiapkan secara maksimal agar bisa meraih juara di Pimnas. Kegiatan ini juga bisa menjadi salah satu indikator pencapaian UB dalam mewujudkan World Class University," urainya.
 
Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Pimnas UB, Yusuf Hendrawan mengatakan, terdapat 175 tim peserta Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari UB yang karyanya lolos pendanaan Kemenristekdikti.
 
"Di antaranya PKM bidang penelitian, PKM bidang karsa cipta, PKM bidang kewirausahaan, PKM bidang teknologi dan PKM bidang pengabdian masyarakat," beber Wakil Dekan III Fakultas Teknik Pertanian (FTP) UB itu.
 
Baca: Tidak Daftar Ulang, Kuota Akan Dikosongkan
 
Yusuf menambahkan dalam pengambilan tema PKM, peserta PKM UB selalu mengikuti isu-isu perkembangan Sustainable Development Goals. Isu yang diambil selalu mengikuti permasalahan yang sedang populer di dunia.
 
"Itu yang kita prioritaskan. Misalkan keamanan pangan, banyak sekali di sini produk-produk sterilisasi. Atau produk-produk yang sifatnya berbasis teknologi tepat guna, contohnya seperti menjual aplikator pupuk," jelasnya.
 
Sebagai salah satu strategi untuk mempersiapkan Pimnas 2018, UB menggelar Expo Gelar Produk PKM di Lapangan Rektorat UB, Sabtu 7 Juli 2018 lalu. Sebanyak 158 karya mahasiswa UB ditampilkan dalam acara tersebut.
 
"Kegiatan ini untuk memperkenalkan produk kreativitas mahasiswa kepada UKM kecil maupun masyarakat umum dan menunjukkan bila mahasiswa UB memiliki kreativitas dalam menciptakan produk-produk inovatif," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi