Taman Bacaan Masyarakat Bantu Entaskan Buta Aksara
Ilustrasi. (Foto: MI/Bary Fathahillah)
Jakarta: Indonesia memperingati Hari Aksara Internasional pada 9 September setiap tahunnya sejak 1966. Meski sudah lebih dari 50 tahun, faktanya angka buta aksara di Indonesia masih cukup tinggi.

Badan Pusat Stastistik menyebut masih ada sekitar 3 juta masyarakat yang belum entas aksara atau belum mampu membaca dan menulis.


Festival Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang digelar setiap tahunnya menjadi salah satu upaya pemerintah beserta komunitas literasi dalam mengentaskan buta aksara.

"Data terakhir itu membuktikan bangsa Indonesia sudah jauh lebih baik dari waktu awal komunitas TBM bergerak. Kemampuan mengenal aksara dan membaca masyarakat saat ini sudah cukup baik," ujar Ketua Forum TBM Firman Venayaksa dalam Selamat Pagi Indonesia Metro TV, Senin, 10 September 2018.

Firman mengatakan komunitas literasi seperti Forum TBM bergerak untuk membantu pemerintah mengentaskan buta aksara. Secara umum, forum ini didirikan di perdesaan atau perkampungan untuk memastikan masyarakat yang telah melek aksara tidak kembali menjadi 'buta'.

Menurutnya, tak mudah mengentaskan buta aksara pada masyarakat terutama mereka yang tinggal jauh di pedalaman. Namun, ia memastikan pemerintah berperan penuh memudahkan komunitas literasi menjangkau masyarakat yang tak terjangkau fasilitas.

Firman menuturkan pada 2 Mei 2016 Forum TBM telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk mengungkapkan hambatan utama pegiat literasi mengentaskan buta aksara di wilayah terpencil Indonesia.

"Kami beritahu Presiden agar pengiriman buku terutama ke Indonesia bagian timur digratiskan karena biaya pengiriman itu lebih mahal dibandingkan dengna harga bukunya," kata dia.

Mendengar keluhan tersebut Presiden pun turun tangan meminta PT Pos Indonesia menggratiskan paling tidak 10 kilogram paket buku yang akan disalurkan ke seluruh TBM di Indonesia.

"Kami bahagia karena Presiden merespon cukup baik dan membantu kami mengirimkan buku-buku ke desa-desa," ungkapnya.





(MEL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id