Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Intip Serunya Kuliah Jurusan Sastra China di Binus

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi Bahasa Mandarin jurusan kuliah
Renatha Swasty • 25 April 2022 14:35
Jakarta: Tahukah Sobat Medcom, menurut Foreign Service Institute, bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa tersulit di dunia. The Ethnologue menyebut bahasa yang punya lebih dari 50 ribu karakter ini ada di peringkat kedua bahasa yang paling banyak dipakai di dunia setelah bahasa Inggris.
 
Di Indonesia, kebutuhan industri akan sumber daya manusia yang menguasai Bahasa Mandarin makin tinggi. Hal ini tidak lepas dari pengaruh hubungan perdagangan antara Indonesia dan China yang juga makin luas.
 
Jurusan kuliah Chinese Literature atau Sastra Cina cocok untuk Sobat Medcom yang tertarik mempelajari linguistik Mandarin. Apa itu kuliah Sastra China dan apa saja keuntungan yang bisa dirasakan bila mengambil jurusan ini? Simak penjelasannya dikutip dari laman binus.ac.id.

Mengenal jurusan Sastra China

Jurusan Sastra China tidak sekadar mempelajari bahasa Mandarin, tetapi juga mempelajari linguistik, karya sastra, bisnis, dan budaya China atau Tiongkok. Kuliah di jurusan ini, Sobat Medcom akan mengkaji karya sastra, baik karya-karya klasik ataupun modern Tiongkok. Beragam budaya serta sejarah menarik Tiongkok juga bakal jadi salah satu mata kuliah yang dipelajari.

Apa Manfaatnya Belajar Sastra Cina?

Program studi Sastra China mempersiapkan lulusan sebagai SDM kompeten dalam berbagai bidang pekerjaan. Mahasiswa yang terlatih mengkaji karya sastra misalnya, punya kesempatan besar berkarier sebagai jurnalis atau penerjemah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu Universitas di Tanah Air yang memiliki jurusan ini adalah Binus University. Ini beberapa keuntungan yang bisa Sobat Medcom dapatkan bila menjadi lulusan jurusan Chinese Literature di Binus University:
  1. Menguasai tata bahasa Mandarin secara lisan maupun tulisan, dalam berbagai bidang, khususnya bisnis, penyiaran, penerjemahan, dan pengajaran
  2. Mampu menerjemahkan teks Mandarin dengan baik
  3. Mahir surat-menyurat dalam bahasa Mandarin
  4. Menguasai 2.000-3.000 karakter huruf dalam Mandarin
  5. Mengetahui 10.000 lebih kosakata Mandarin
  6. Mahir mengoperasikan komputer, baik dalam bahasa Mandarin maupun Inggris.

Potensi Karier Luas dan Menjanjikan

Lantas bagaimana dengan prospek karier lulusan Sastra China? Jangan khawatir, tersedia kesempatan kerja yang luas, beberapa di antaranya bahkan merupakan profesi bergengsi yang diidam-idamkan banyak orang. Apa saja?
  1. Pengajar profesional
  2. Interpreter
  3. Penerjemah tersumpah
  4. Staf pemerintahan (Imigrasi, Kedutaan Besar, Kementerian Luar Negeri)
  5. Bidang Ekonomi (Ekspor-Impor, Konstruksi, Perusahaan Multinasional, Bank Dalam & Luar Negeri, Pertambangan)
  6. Perhotelan & Pariwisata (Public Relation, Tour guide, Awak Penerbangan)
  7. Media (Reporter, Presenter Berita)
  8. Kewirausahaan, baik mandiri atau dengan investor asing (Lembaga Pendidikan, Kuliner, E-Commerce, Agen Perjalanan).

Serunya Kuliah Chinese Literature Binus University

Binus memulai program studi ini melalui Chinese Department pada 2002. Dengan bahasa Mandarin sebagai pengantar utama perkuliahan-nya, di 2015 Chinese Literature Binus mengantongi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
 
Menariknya, selain mempelajari bahasa Mandarin, ada juga studi seputar budaya dan bisnis China. Siapa bilang kuliah di jurusan sastra itu membosankan? Di Chinese Literature Binus University ada kegiatan-kegiatan menarik yang bisa Sobat Medcom ikuti. Ini beberapa di antaranya:

Ekstrakulikuler

Setiap semester, Chinese Literature mengadakan kegiatan ekstrakurikuler (ekskul). Di antaranya:
  1. Chinese painting atau Zhongguo hua, salah satu budaya Tiongkok yang menggunakan teknik serupa Kaligrafi dengan kuas dan tinta, baik hitam maupun yang berwarna
  2. Chinese paper cut atau Jianzhi, kesenian khas rakyat Tiongkok yang menggunakan kertas, serta pisau ukir dan gunting untuk membuat pola. Berbagai pola populer yang dihasilkan adalah bayi, bunga, binatang, burung, simbol-simbol keberuntungan.
  3. Wushu dan Chinese Calligraphy.
Lebih seru lagi, kegiatan ekskul ini juga bersertifikat, loh!

Internship

Sobat Medcom yang masuk jurusan Chinese Literature juga bakal mengikuti program internship yang melatih soft skill serta sebagai kesempatan mempraktikkan teori-teori yang dipelajari semasa kuliah. Sobat Medcom juga bisa merasakan langsung lingkungan dan suasana dunia kerja yang sesungguhnya. Beberapa program seru yang telah terlaksana adalah:
  1. Mengajar di NiHao Mandarin Center melalui Enrichment Program: COMDEV Track
  2. Magang di Francis School sebagai Asisten Coach
  3. Staff Finance magang di PT Nanyang Chemical Tech Indonesia
  4. Magang di Pusat Bahasa Mandarin Universitas Al-Azhar Indonesia
  5. Program internship di hotel bintang 5
Binus University juga bekerja sama dengan beberapa Universitas di China, seperti Guangxi Normal University, Xiamen University, Nanjing University of Information Science and Technology, dan Hainan Normal University. Kampus juga menyediakan fasilitas Laboratorium Bilingual serta berbagai pelatihan dan workshop rutin. Sudah terbayang serunya kuliah Chinese Literature di Binus University kan?
 
Baca: UNS Buka Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif