UHamka menerima penghargaan Baznas Award 2022. Foto: Dok. Uhamka
UHamka menerima penghargaan Baznas Award 2022. Foto: Dok. Uhamka

Dukung Literasi Zakat, Uhamka Raih BAZNAS Award 2022

Pendidikan pendidikan Zakat Pendidikan Tinggi Penghargaan Pendidikan Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 17 Januari 2022 23:02
Jakarta:  Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mendapat BAZNAS AWARD 2022 dalam kategori Lembaga Pendidikan Pendukung Literasi Zakat.  Uhamka dinilai aktif menyelenggarakan kegiatan yang mendukung literasi zakat serta berkolaborasi dalam menghasilkan penelitian terkait zakat di Indonesia.
 
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS) setiap tahun. Tahun ini mengusung tema "Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat". Adapun standar penilaian dalam memberikan award tersebut menggunakan Indeks Zakat Nasional (IZN) dan juga penilaian yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. 
 
Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro mengatakan, bahwa Uhamka memiliki visi mengusung propethic teaching university tahun 2024 dan Sudah seharusnya terlibat dalam pengembangan nilai-nilai kerasullan salah satunya adalah literasi dalam zakat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alhamdulillah, saya berterima kasih kepada semua pihak di lingkungan Uhamka,  dosen yang telah meningkatkan penelitian dan pengabdiannya di antaranya tentang literasi zakat. Maka kami (Uhamka) diberikan kesempatan untuk mendapatkan Penganugrahan BAZNAS AWARD 2022 Kategori Lembaga Pendidikan Pendukung Literasi Zakat." terang Gunawan dalam siaran persnya, Senin, 17 Januari 2022.
 
Uhamka memiliki tiga nilai utama, salah satunnya adalah compassion (kepedulian), Uhamka dibangun dengan semangat kepedulian, baik itu dosen, karyawan dan mahasiswa harus memiliki jiwa untuk selalu peduli.  Sebagai Perguruan Tinggi Islami terbaik di Indonesia yang dimiliki oleh Muhammadiyah, Uhamka tidak hanya memberikan literasi tapi juga melakukan praktik langsung melalui lembaga-lembaga yang dimiliki. 
 
Baca juga: Nadiem: Perundungan di Lingkungan Sekolah Harus Dihapuskan
 
Melalui lazismu Uhamka melakukan pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah yang sudah mencapai milyaran rupiah. Kemudian melalui Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan(LPP AIK) memiliki program khusus terintegrasi dengan pengajaran, setiap tahunnya ribuan mahasiswa menjalankan program khusus untuk membantu para duafa yang ada di Jabodetabek.
 
Ribuan mahasiswa tersebut berhasil mengumpulkan milyaran rupiah dan disalurkan kepada yang berhak.  Melalui Laboratorium Kewirausahaan Sosial dan Filantropi Islam Uhamka (LKSFI) secara aktif melakukan pengkajian usaha dengan gerakan filantropi bekerja sama dengan filantropi Indonesia.  Secara resmi terdaftar sebagai lembaga filantropi ventura di PBB melakui organisasi PRME. 
 
Kemudian melalui lembaga Pengabdian pada masyarakat  secara berkesinambungan Uhamka setiap tahunnya menganggarkan dana untuk dosen melakukan tugasnya melalui pengabdian kepada masyarakat dan juga program khusus dalam penanganan covid-19.  Gunawan juga menyampaikan selamat kepada BAZNAS atas 21 tahun berkiprah memastikan Zakat Indonesia bermanfaat untuk rakyat Indonesia. 
 
"Semoga kegiatan pengelolaan zakat ini terus berdiri kukuh untuk menyejahterakan umat manusia yang ada di muka bumi, khususnya di Indonesia. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang sangat berharga ini untuk Uhamka," tutur Gunawan.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif