Rektor UIN Jakarta Amany Lubis. DOK UIN Jakarta.
Rektor UIN Jakarta Amany Lubis. DOK UIN Jakarta.

Ditempa Sebulan, Rektor UIN Jakarta Berharap Umat Islam Mendapat Kemenangan Saat Idulfitri

Pendidikan pendidikan Idulfitri 1443 Lebaran 2022 UIN Jakarta
Renatha Swasty • 02 Mei 2022 16:38
Jakarta: Rektor UIN Jakarta Amany Lubis berharap Idulfitri dapat menjadi kemenangan umat Islam. Kemenangan diperoleh bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan ikhlas dan penuh keimanan selama satu bulan.
 
“Selama puasa Ramadan, umat Islam telah mampu menahan lapar dan haus serta menahan segala bentuk hawa nafsu lainnya. Itulah kemenangannya,” kata Amany dikutip dari laman uinjkt.ac.id, Senin, 2 Mei 2022.
 
Amany berharap kemenangan di Hari Raya Idulfitri kali ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. “Semoga Allah SWT mengampuni seluruh dosa kita yang telah lalu dan menerima seluruh amalan kebaikan yang kita jalankan selama Ramadan,” tutur dua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menuturkan ibadah puasa Ramadan merupakan tempat latihan (riyadhah) spiritual. Amany menyebut rohani manusia ditempa selama satu bulan agar tak hanya memiliki kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual tetapi juga kecerdasan sosial dan kecerdasan emosional.
 
Dia mengatakan sarana tersebut diberikan Allah SWT agar manusia sebagai hamba memiliki kepekaan sosial luas. Bahkan, puasa Ramadan membentuk pribadi manusia yang beriman dan bertakwa.
 
Sehingga, setelah Ramadan akan terlahir sebagai manusia fitrah (suci), manusia paripurna (insan kamil), serta menjadi manusia yang selalu menebarkan kebermanfataan bagi orang lain. Dia mengingatkan setelah Idulfitri perlu terus beristikomah dan menjaga diri dari perbuatan yang dilarang, baik oleh agama maupun negara.
 
"Semoga kita menjadi insan yang terus bermanfaat bagi sesama serta memiliki semangat untuk mengabdi kepada bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai. Selamat Idulfitri 1443 Hijriah, taqabbalallahu minna wa minkum, minal ‘aizin wa al-faizin, mohon maaf lahir dan batin,” tutur dia.
 
Baca: Rektor IPB Sebut Idulfitri Mesti Jadi Momentum Kemajuan 7 Hal
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif