Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Mengenal Jurusan Hubungan Internasional: Mata Kuliah dan Prospek Kerja

Pendidikan karier Perguruan Tinggi Mahasiswa Hubungan Internasional jurusan kuliah
Medcom • 04 Mei 2022 17:26
Jakarta: Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati calon mahasiswa. Hal ini tak terlepas dari materi kajiannya yang relevan dengan kehidupan di era globalisasi, sehingga prospek kerjanya terbilang menjanjikan.
 
Berbicara tentang materi, jurusan ini umumnya mengkaji tentang interaksi dan komunikasi yang melibatkan suatu negara, instansi, atau organisasi secara internasional. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut yang dikutip dari Quipper.

Mata Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Hubungan Internasional erat kaitannya dengan globalisasi, di mana masyarakat dari berbagai belahan dunia terhubung dalam bidang ekonomi, politik, maupun kebudayaan. Fenomena ini menyebabkan kerja sama antarnegara kian dibutuhkan.
 
Hal-hal terkait kerja sama inilah yang akan dipelajari di jurusan Hubungan Internasional. Beberapa bidang ilmu yang ditekuni antara lain Pengantar Ilmu Hubungan Internasional, Pengantar Ilmu Politik, Politik Luar Negeri, Ekonomi-Politik Internasional, Studi Keamanan, Komunikasi Internasional, Organisasi Internasional, Hukum Internasional, dan Islam dalam Politik Internasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di samping itu, sejumlah perguruan tinggi juga memuat kajian kawasan di luar Asia Tenggara. Seperti Asia Timur, Eropa, Amerika, Timur Tengah, Afrika, Asia Selatan, Australia dan Pasifik Selatan.
 
Karena mempelajari hubungan dengan negara selain Indonesia, tentu jurusan Hubungan Internasional juga membekali mahasiswanya dengan bahasa asing. Tak cuma bahasa Inggris yang bersifat wajib, tetapi juga bahasa Mandarin, Jepang, Arab, dan bahkan Prancis.
 
Adapun metode pembelajaran yang ditekuni umumnya berprinsip aktif, di mana bertujuan melatih mahasiswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis dan analisis. Selain itu, juga mengasah kemampuan negosiasi dan komunikasi persuasif, problem solving, serta membangun kerja sama.

Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Hubungan Internasional identik dengan profesi diplomat di Kementerian Luar Negeri. Namun, prospek kerja jurusan ini sejatinya jauh lebih luas dari itu.
 
Kemampuan komunikasi dan diplomasi yang diperoleh selama kuliah dapat mengantarkan lulusan Hubungan Internasioal bekerja di berbagai bidang, antara lain:

1. Pegawai negeri sipil (PNS)

Memang tak dapat dipungkiri, peluang karier utama bagi lulusan Hubungan Internasional adalah menjadi seorang diplomat yang berstatus PNS. Profesi ini bertugas menjalin hubungan luar negeri, mulai dari melakukan diplomasi hingga negosiasi.
 
Tak cuma menjadi PNS di Kementerian Luar Negeri, seorang diplomat juga bisa ditugaskan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di setiap negara. Selain itu, sejumlah kementerian dan lembaga pemerintahan lainnya juga kerap membuka formasi untuk lulusan Hubungan Internasional.
 
Beberapa lembaga pemerintahan itu di antaranya Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Perdagangan.

2. Pegawai organisasi internasional

Selain menjadi PNS, peluang lainnya adalah menjadi pegawai organisasi internasional, seperti Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dan institusi-institusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kesempatan ini kian terbuka dengan dibukanya kantor cabang berbagai lembaga internasional di Indonesia.

3. Pegawai perusahaan multinasional

Perusahaan multinasional merupakan perusahaan besar yang memiliki kantor atau industri di berbagai negara. Bagi lulusan Hubungan Internasional, perusahaan ini bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk mengembangkan karier.
 
Salah satu kualifikasi yang dibutuhkan untuk bisa bekerja di perusahaan ini adalah mampu berkomunikasi dengan baik dan fasih berbahasa asing. Selain itu, juga memiliki growth mindset dan global mindset agar mampu beradaptasi dengan berbagai budaya.
 
Hal-hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi lulusan Hubungan Internasional, sebab sudah mempelajarinya selama perkuliahan.

4. Dosen dan peneliti

Apabila ingin berkutat di bidang akademis, menjadi dosen dan peneliti adalah pilihan terbaik. Namun, untuk menjadi dosen, perlu menempuh jenjang pendidikan S2 terlebih dahulu.

5. Jurnalis

Berbekal kemampuan bahasa asing dan pengetahuan mumpuni tentang perkembangan dunia internasional, lulusan Hubungan Internasional berpeluang menjadi jurnalis. Lebih spesifiknya, menjadi jurnalis untuk media internasional.
 
Selain itu, kemampuan berpikir kritis dan analitis juga menjadi bekal untuk menekuni profesi ini. Sebab, kedua kompetensi tersebut sangat dibutuhkan oleh seorang jurnalis.
 
Demikianlah pembahasan mengenai jurusan Hubungan Internasional, mulai dari mata kuliah yang dipelajari hingga prospek kerjanya. Tertarik berkuliah di jurusan ini? (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Supaya Nggak Salah Jurusan, Ini Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja yang Luas
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif