Kampus Unpad. Foto: Dok. Unpad
Kampus Unpad. Foto: Dok. Unpad

Unpad Buka Pendaftaran Jalur Mandiri Sarjana Reguler, Ini Informasi Lengkapnya

Pendidikan Pendidikan Tinggi Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 06 Mei 2021 09:39
Jakarta:  Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka pendaftaran mahasiswa baru program Sarjana Reguler Jalur Mandiri tahun akademik 2021/2022 sejak 4 Mei hingga 3 Juni 2021. Persentase daya tampung Jalur Mandiri sekitar 40 persen dari total daya tampung Sarjana Reguler di Unpad.
 
“Jalur Mandiri dibuat demi meningkatkan proses seleksi penerimaan yang lebih baik,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Arief S. Kartasasmita, Kamis, 6 Mei 2021.
 
Arief menjelaskan, ada tiga jenis seleksi pada Jalur Mandiri Unpad. Antara lain, menggunakan nilai prestasi dan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), seleksi mandiri reguler, serta seleksi untuk kelas internasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk jalur prestasi dan UTBK, seleksi menggunakan data prestasi pendaftar dengan hasil UTBK. Nilai prestasi diambil dari nilai akademik dan prestasi siswa ataupun penghargaan yang diperoleh siswa di bidang keagamaan, sains, olahraga, dan seni.
 
“Kita mengambil prestasi yang direkognisi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” kata Arief.
 
Data prestasi tersebut tetap disandingkan dengan nilai UTBK. Arief mengatakan, nilai UTBK tetap menjadi standar minimum bagi lulusan untuk bisa kuliah di perguruan tinggi negeri.
 
Sementara untuk jalur mandiri reguler, seleksi kembali dibagi menjadi dua jenis. Pertama adalah seleksi yang murni menggunakan nilai UTBK. Kedua adalah seleksi menggunakan sistem ujian yang diselenggarakan Unpad.
 
Baca juga:  Berkat OSC, Batal Putus Kuliah Hingga Harapan Biayai Kuliah Adik
 
Arief menerangkan, seleksi mandiri menggunakan semacam Tes Potensi Skolastik (TPS) yang diselenggarakan secara daring. Pelaksanaan ujian akan digelar pada 15 Juli 2021 mendatang.
 
“Kalau pendaftar ikut ujian mandiri, nanti dia tidak usah ikut UTBK, tetapi wajib upload rapor,” kata Arief.
 
Seleksi Jalur Mandiri terbuka bagi lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2019, 2020, atau 2021.
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif