Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kirana Pritasari . Foto: Zoom
Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kirana Pritasari . Foto: Zoom

Kemenkes: Kampus Harus Jadi Panutan Penerapan Protokol Kesehatan

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 10 November 2020 19:24
Jakarta: Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kirana Pritasari meminta kampus agar menjadi panutan dalam menjalankan protokol kesehatan. Pihaknya ingin kampus menjadi contoh bagi masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19.
 
"Perguruan tinggi harus jadi role model bagi institusi lainnya, terutama satuan pendidikan lain dalam menerapkan protokol kesehatan," ujar Kirana dalam webinar Hari Kesehatan Nasional bertema'Tata Kelola Kampus Sehat dalam Pandemi Covid-19' Selasa, 10 November 2020.
 
Menurutnya kampus merupakan jenjang tertinggi yang dapat menjadi contoh. Ketika kampus tak berhasil menjalankan protokol kesehatan, maka jenjang pendidikan di bawahnya akan kehilangan panutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Pandemi, Perguruan Tinggi Kian Adaptif Terapkan 'Kampus Sehat'
 
Dia menjelaskan peran kampus dalam pencegahan dan mitigasi covid-19 harus lebih komprehensif. Jika kampus juga membutuhkan panutan, Kirana menyebut Politeknik Kesehatan (Poltekes) dapat dijadikan contoh baik.
 
"Poltekes bisa memulai transformasi kesehatan ini dalam menciptakan satu set lingkungan yang sehat. Poltekes harus bisa mengajak kegiatan kesehatan dalam kehidupan kampus," terangnya.
 
Dia tidak ingin ada penularan virus korona dalam aktivitas kampus. Baik itu di ruang perkuliahan, laboratorium, atau kegiatan lainnya.
 
"Kehidupan di dalam kampus sebenarnya proposisi besar kegiatan dari pagi sampai sore bahkan malam, menghabiskan kegiatan dalam satu hari, yang artinya harus memberikan lingkungan yang sehat. Jangan sampai melupakan kesehatan," pungkas Kirana.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif