Menristekdikti, Mohamad Nasir.  Foto:  Kemenristekdikti/Humas.
Menristekdikti, Mohamad Nasir. Foto: Kemenristekdikti/Humas.

Nasir Minta Rektor Beri Dispensasi untuk Atlet Mahasiswa

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 13 September 2019 19:12
Jakarta: Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir meminta perguruan tinggi memberikan kemudahan bagi mahasiswanya yang menjadi atlet, terutama di level nasional. Salah satunya dengan memberikan dispensasi atau izin tidak mengikuti kuliah selama masa latihan atau Training Center (TC) dan ketika berkompetisi.
 
Kemudahan tersebut, kata Nasir, merupakan bentuk dukungan perguruan tinggi terhadap atlet mahasiswa agar berprestasi. Ia pun juga telah menginstruksikan hal tersebut kepada seluruh rektor.
 
"Biasanya para atlet ini kalau bidang studinya bukan olahraga kuliahnya agak terganggu. Saya minta rektor memberikan dispensasi," kata Nasir di Auditorium Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat, 13 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nasir mengungkapkan, potensi mahasiswa di bidang olahraga sangat besar dan perlu dikembangkan. Seperti di negara lain yang kampus-kampusnya memiliki tim olahraga yang sudah berkembang.
 
"Di Amerika Serikat, kampus-kampus itu punya tim olahraga yang baik. Ada Basket, Softball. Terutama basket, bagi kampus itu bisa menjadi satu nilai tambah, bisa memberikan revenue (pemasukan) dan bisa mengangkat reputasi kampus, karena olahraga," ungkap Nasir.
 
Untuk itu, Nasir berharap melalui Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVI 2019 yang digelar di Jakarta, bisa memunculkan bibit pemain maupun atlet berkelas nasional bahkan internasional.
 
"Kita ada kerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), karena nanti akan menghasilkan bibit-bibit pemain atau atlet-atlet di Indonesia, berbagai cabang olahraga," ujarnya.
 
Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) kembali digelar tahun ini. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan menjadi tuan rumah di kompetisi yang diikuti 3.404 atlet mahasiswa di 19 cabang olahraga (cabor) ini.
 
Pomnas XVI berlangsung mulai 19-26 September 2019. Terdapat 713 medali yang akan diperebutkan di 199 nomor pertandingan. Para atlet mahasiswa ini akan datang ke Jakarta untuk mewakili provinsinya masing-masing.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif