Chief Executive Officer (CEO) Medcom.id, Mirdal Akib (kiri) saat berada di stan OSC.  Foto:  Metro TV/Saifullah
Chief Executive Officer (CEO) Medcom.id, Mirdal Akib (kiri) saat berada di stan OSC. Foto: Metro TV/Saifullah

Ratusan Pelajar Bali Lolos OSC Kini Kuliah di PTS Bonafide

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 05 Oktober 2019 18:27
Bali: Sistem seleksi berbasis online yang dibangun Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id diakui sejumlah mitra perguruan tinggi memiliki daya jaring dan saring yang tinggi. Daerah yang banyak menyumbangkan pelajar berprestasi sebagai input untuk beasiswa OSC salah satunya adalah provinsi Bali.
 
Beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) yang diinisiasi oleh portal berita Medcom.id kembali digelar tahun ini. Program OSC Medcom.id memasuki tahun ke-5 penyelenggaraan sejak 2015 lalu.
 
Chief Executive Officer (CEO) Medcom.id, Mirdal Akib mengatakan, bahwa selama empat tahun digelar OSC telah berhasil memfasilitasi ribuan pelajar dari seluruh Indonesia. Dari Jumlah tersebut, ratusan pelajar di antaranya berasal dari Bali yang kini telah menjadi mahasiswa penerima beasiswa OSC Medcom.id di sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) berkualitas di Jawa, Bali dan Sulawesi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang sudah lulus di kami dari Papua banyak, Bali bahkan 120 yang diterima dan Wakatobi juga," kata Mirdal saat dijumpai di WISH Festival 2019, di Kampus ISI, Denpasar, Bali, Sabtu 5 Oktober 2019.
 
Ia memaparkan ratusan pelajar dari Bali tersebut tersebar di perguruan tinggi grade A yang bekerja sama dengan OSC Medcom.id. Di antaranya Universitas Trisakti, Telkom University, Universitas Atma Jaya Jakarta, Universitas Al Azhar Indonesia, UKDW dan lainnya.
 
Tak main-main, mereka yang lulus bahkan tercatat sebagai mahasiswa berprestasi di kampusnya, dengan rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,7. "Bahkan dari mereka banyak yang memiliki IPK sempurna 4.00," ujar Mirdal.
 
Ia mengakui peran OSC dalam memajukan pendidikan Indonesia perlu terus didorong. Karena Indonesia harus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan unggul, terlebih lagi memasuki era revolusi industri 4.0, bonus demografi 2030, bahkan Indonesia Emas di 100 tahun peringatan kemerdekaan RI.
 
"Karena kita harus mempersiapkan switching SDA ke SDM. Hari ini SDA kita belum lagi exporting tapi importing. Negara-negara maju sumber dayanya adalah SDM bukan SDA. Ini akan terus kita dukung ke depan," tegas Mirdal.
 
Sebelumnya, hari ini OSC Medcom.id 2019 resmi diluncurkan sekaligus menjadi penanda dibukanya masa pendaftaran. Pendaftaran dapat dilakukan di laman osc.medcom.id yang dimulai 28 Agustus-5 November 2019.
 
Sedangkan online test akan diadakan serentak pada tanggal 9 November 2019. Pada penyelengaraan OSC di tahun ke-5 ini, sebanyak 21 PTS ternama berkomitmen untuk ambil bagian sebagai penyedia beasiswa. Jumlah PTS pemberi beasiswa terus bertambah sejak tahun pertama penyelenggaraan beasiswa yang diinisiasi oleh portal berita dan video Medcom.id ini.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif